Analisis Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik

Authors

  • Lu’ainun Nisaa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyowati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • pana pramulia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

mtivasiberprestasi, pembelajaran tematik

Abstract

Pembelajaran tematik memiliki ciri khas yaitu student centered dengan menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan dan mata pelajaran pembelajaran. Motivasi berprestasi siswa dalam pembelajaran tematik menjadikan siswa memiliki tujuan untuk berprestasi dengan terlibat aktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan atau mempertahankan kemampuannya agar memperoleh hasil belajar yang terbaik berdasarkan standar hasil belajar yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi berprestasi siswa kelas V Sekolah Dasar dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data angket. Sumber data dalam penelitian ini adalah 3 orang guru dan 45 siswa kelas V SD tahun ajaran 2021/2022 yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V SD memiliki konsep diri yang positif yaitu bekerja keras dan berharap untuk sukses sehingga motivasi berprestasi siswa pada pembelajaran tematik berada pada kategori motivasi berprestasi sangat tinggi (86 persen)

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118.

Christianoko. 2020. Pengaruh Kebutuhan Akan Prestasi Dan Kebutuhan Aktualisasi Diri Terhadap Kinerja. Skripsi, 17. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Fadlilah, S. N. 2018. Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDI As-Salam Malang. Skripsi, 7. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., &Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.

Listyanti, K. N., & Dewi, A. K. 2019. “Pengaruh Motivasi Berprestasi Serta Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja”. Jurnal Manajemen Udayana, 5291.Vol. 8, No. 8.

Mentari, S. 2018. Studi Deskriptif Motivasi Belajar Berprestasi. Skripsi, 4. Universitas Sriwijaya.

Pratiwi, N. W., Sri Asri, I. A., & Kristiantari, M. R. 2018. “Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa”. International Journal of Elementary Education, 193. Vol. 2, No. 3.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., &Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., &Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & RusiRusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning Systems Based Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., &Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., &Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., &Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., &Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Matematika (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumarno. 2020. “Hubungan Strategi Umpan Balik (Feedback), Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran

PPKn di SMK”. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43. Vol. 5, No. 2.

Susanto, R., Rachmadtullah, R., &Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.

Suwendra, I. W. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bali: Nilacakra.

Tanadi, M., Hartini, S., & Dwi Putra, A. I. 2020. “Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Konsep Diri Pada Siswa/Siswi Methodist 5 Medan”. Jurnal Ilmiah Psikologi, 20. Vol. 22, No. 1.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Nisaa, L., Sulistyowati, I. ., & pramulia, pana. (2022). Analisis Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. SNHRP, 1210–1219. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/454