Pengembangan Modul Elektronik Berbasis High Order Thinking Skill Pada Tema 4 Subtema 1 Kelas V
Keywords:
Modul Elektronik, High Order Thinking SkillAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Modul Elektronik Berbasis High Order Thinking Skill khususnya pada tema 4 subtema 1 kelas V. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R&D dengan menggunakan tahapan milik Borg and Gall sebanyak 10 tahapan yang dimodifikasi oleh Sugiyono menjadi 7 tahapan yaitu potensi dan masalah (identifikasi masalah dengan observasi), pengumpulan data (pencarian referensi yang sesuai dengan kebutuhan masalah), desain produk (tahapan membuat produk pengembangan), validasi desain (dilakukan oleh para ahli), revisi desain (memperbaiki apabila terdapat saran dari para ahli), uji coba produk (dilakukan oleh pendidik), dan revisi desain (memperbaiki apabila terdapat saran dari pendidik).Hasil analisis Modul Elektronik berbasis High Order Thinking Skill tema 4 subtema 1 kelas V secara keseluruhan berdasarkan penilaian dari para ahli dan pendidik. Validasi ahli proses pengembangan diperoleh nilai 3,6 dengan kategori sangat layak, validasi ahli bahasa diperoleh nilai 3,36 dengan kategori layak, validasi ahli media diperoleh nilai 3,43 dengan kategori layak, dan validasi ahli materi diperoleh nilai 3,22 dengan kategori layak. Sedangkan uji coba produk yang dilakukan oleh pendidik diperoleh nilai 3,8 dengan kategori sangat layak. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa Modul Elektronik berbasis High Order Thinking Skill pada tema 4 subtema 1 kelas V layak dan siap digunakan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran.
Downloads
References
Anggraini, L. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dengan Menggunakan 3D Pageflip Professional. 177–184.
Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., Tamansiswa, U. S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. 13(2), 107–118.
Budiarti, W. N., & Riwanto, M. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Elementary School, 8, 97–104.
Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penndidikan Dasar, 1(9), 1–11.
Handayani, R. H., & Muhammadi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1494–1499.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.
Hermanto, Budianti, Y., & Fitriani, S. (2020). Media Big Book Sebagai Solusi Untuk Meningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Persada, III(3), 115–120.
Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The Effectiveness of Using Blended Learning Models Against Vocational Education Student Learning Motivation. 9(5), 7964–7968.
Nanda Septiana, M. P. (2019). ICT Dalam Pembelajaran MI/SD (M. P. Dr. Abd. Mukhid (ed.)). Duta Media Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/ICT_DALAM_PEMBELAJARAN_MI_SD/9Nb7DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=teknologi+informasi+dan+komunikasi+dalam+pembelajaran&printsec=frontcover
Ninawati, M., Burhendi, F. C. A., & Wulandari. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. Jurnal Educatio, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830
Prastiwi, A. (2016). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (Hots) Siswa SMA. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(1), 1–6.
Primayana, K. H. (2019). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 85–92.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan Model Hybrid Learning Dalam PTM Terbatas Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(November 2021), 292–297.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.