Pengunaan Media Visual Dalam Menggunakan Metode Membaca Dongeng

Authors

  • Henderina Laharoi Ballo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

karakter, dongeng, media visual

Abstract

Media Visual , artinya semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca-indera mata.Media visual ( imageatau perumpamaan) memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Agar menjadi efektif, visual sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus berinteraksi dengan visual ( image ) itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi. Dengan demikian media visual dapat diartikan sebagai alat pembelajaran yang hanya bisa dilihat untuk memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan akan isi materi pelajaran. Media pembelajaran bertujuan untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran Penggunaan media visual dalam membaca dongeng  memberikan variasi tersendiri dalam pembelajaran.  Dongeng adalah cerita tradisional yang diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi dimana tujuannya untuk menghibur dan mengajarkan nilai-nilai moral. Cerita dongeng sering digunakan untuk membantu anak-anak belajar berimajinasi serta membentuk dan membangun karakter mereka. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan anak  walaupun banyak juga melukiskan tentang kebenaran, berisikan pelajaran, bahkan sindiran. Dongeng berpotensi memberikan sumbangsih besar bagi anak sebagai manusia yang memiliki jati diri yang jelas, jati diri anak ditempat melalui lingkungan yang diusahakan secara sadar dan tidak sadar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hana, Jasmine. 2011. Terapi Kecerdasan Anak dengan Dongeng. Yogyakarta: berlian

Media.

Kak Mal (2009). The Power of Story Telling, Kekuatan Dongeng Terhadap Pembentukan

Karakter Anak. Depok: Luxima Metro Media.

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Semarang: Pelangi

Publishing

Sudirman. (1983). Bimbingan Orang Tua&Anak Bagaimana Menjadi Orang tua yang

Berhasil. Yogyakarta: Studing

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen

Pendidikan Nasional RI.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Ballo, . H. L. . (2022). Pengunaan Media Visual Dalam Menggunakan Metode Membaca Dongeng. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 1196–1201. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/452