Pengunaan Media Visual Dalam Menggunakan Metode Membaca Dongeng
Keywords:
karakter, dongeng, media visualAbstract
Media Visual , artinya semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca-indera mata.Media visual ( imageatau perumpamaan) memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Agar menjadi efektif, visual sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus berinteraksi dengan visual ( image ) itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi. Dengan demikian media visual dapat diartikan sebagai alat pembelajaran yang hanya bisa dilihat untuk memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan akan isi materi pelajaran. Media pembelajaran bertujuan untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran Penggunaan media visual dalam membaca dongeng memberikan variasi tersendiri dalam pembelajaran. Dongeng adalah cerita tradisional yang diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi dimana tujuannya untuk menghibur dan mengajarkan nilai-nilai moral. Cerita dongeng sering digunakan untuk membantu anak-anak belajar berimajinasi serta membentuk dan membangun karakter mereka. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan anak walaupun banyak juga melukiskan tentang kebenaran, berisikan pelajaran, bahkan sindiran. Dongeng berpotensi memberikan sumbangsih besar bagi anak sebagai manusia yang memiliki jati diri yang jelas, jati diri anak ditempat melalui lingkungan yang diusahakan secara sadar dan tidak sadar.
Downloads
References
Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hana, Jasmine. 2011. Terapi Kecerdasan Anak dengan Dongeng. Yogyakarta: berlian
Media.
Kak Mal (2009). The Power of Story Telling, Kekuatan Dongeng Terhadap Pembentukan
Karakter Anak. Depok: Luxima Metro Media.
Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Semarang: Pelangi
Publishing
Sudirman. (1983). Bimbingan Orang Tua&Anak Bagaimana Menjadi Orang tua yang
Berhasil. Yogyakarta: Studing
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen
Pendidikan Nasional RI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.