Pengaruh Literasi Terhadap Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Yunita Maulidiah Nailufar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rarasaning Satianingsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cholifah Tur Rosidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Literasi, minat baca

Abstract

       Literasi merupakan kebiasaan yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai berupa membaca buku selama 15 menit untuk meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Termasuk dalam penelitian eksperimen semu, penelitian eksperimen semu adalah penelitian yang memberikan perlakuan dan mengukur pengaruh perlakuan tetapi tidak menggunakan sampel acak untuk menyimpulkan perubahan yang disebabkan oleh perlakuan tersebut. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu literasi sebagai variabel bebas dan minat baca sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket minat baca yang terdiri dari empat indikator. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, terdapat pengaruh literasi terhadap minat baca siswa kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Keboananom Sidoarjo. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan rumus uji-t. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh literasi terhadap minat baca siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Keboananom Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, E. F. (2019). Hubungan Minat Baca Dengan Efikasi Diri Di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga. Universitas Airlangga.

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Jurnal Basicedu.

Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa SD Lab School FIP UMJ. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79–89.

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95.

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65–73.

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V sekolah dasar. Paedagogia, 13(2), 115–128.

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budaya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut Baca terhadap minat membaca Siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85.

Rusminati, S. H., & Rosidah, C. T. (2018). Korelasi Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa di SDN Kebondalem Mojosari dan SDN Ketabang Surabaya. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 97–103.

Salma, A. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2).

Utami, R. D., Wibowo, D. C., & Susanti, Y. (2018). Analisis Minat Membaca Siswa Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 4(1), 179–188.

Wiedarti, P. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (K. Laksono (ed.); 1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Nailufar, Y. M. ., Satianingsih, R., & Rosidah, C. T. . (2022). Pengaruh Literasi Terhadap Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. SNHRP, 1184–1190. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/450