Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik Pada Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung
Keywords:
Metode SAS, writing, menulis tegak bersambungAbstract
Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar berupaya membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan. penelitian kuasi-eksperimental Ini memiliki kelompok kontrol, tetapi tidak dapat mengontrol faktor eksternal secara efektif berpengaruh selama proses eksperimen. Soal-soal tes esai diturunkan dari Dalam penelitian ini, pendekatan yang diterapkan. Hasil analisis Penulis penelitian ini mengakui bahwa pendekatan struktural analitik sintetis berdampak pada hasil. keterampilan menulis rangkaian huruf tegak lurus pada siswa kelas II SD Gayungan 2 Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan rumus uji-t. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa teknik analisis struktural sudah benar.
Downloads
References
Agnesta, D. L., Riyadi, A. R., & Heryanto, D. (2018). Penerapan Metode Sas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru SekolahDasar,3(2),30–37. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i2.1406.
Ibrahim. (2008). Prinsip-prinsip pembelajaran bahasa indonesia. 11(2), 234–246.
Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Analisis Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Kemampuan Menulis Permulaan. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I SDN 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149–157.
Lisnawati, L., & Muthmainah, M. (2018). Efektivitas Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) Di SDN Demangan. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 81–100.
Marwati, M. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Metode Latihan Siswa Kelas II SD Negeri 016 Kecamatan Pekanbaru Kota Kota Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1–14.
Maulana, M. I., Handayani, T., & Rahayu, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Metode Sas Pada Siswa Kelas Ii-B Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(April), 46–51.
Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Di Kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(1), 33–40.
Rarasaning Satianingsih, D. P. (2019). Jurnal Pendidikan Dasar. III(November).
Rosidah, C. T. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis multiliterasi terhadap kemampuan berpikir kritis. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 38–43.
Sayekti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Pembelajaran Model Jigsaw melalui Buku Tulis Halus pada Siswa Kelas II SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 91. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5730.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.