Pengaruh Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Berat

Authors

  • Sinta Imroatul Khusniya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rarasaning Satianingsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cholifah Tur Rosidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Media Pembelajaran Prezi, Hasil Belajar, Pengukuran Berat

Abstract

Media pembelajaran Prezi merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi dan mencegah kesalahan dalam mengubah dan menghitung materi pengukuran berat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Prezi terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran berat  kelas II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimental Design berupa Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Sedati Gede II Sidoarjo dengan sampel seluruh kelas II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Dari penelitian ini nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah 82,5 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 73,5 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran Prezi terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran berat  kelas II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhian, T, I Ummah, S Anafiah, dan R Rachmadtullah. 2020. “Reading and Critical Thingking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Student in Elementary School.” International Journal of Instruction 13(2): 107–18.

Julinus, Nizwardi, dan Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Pertama. Jakarta: Kencana. https://books.google.co.id/books?id=VJtlDwAAQBAJ&hl=id.

Kusumastuti, Adhi, Ahmad Mustamil Khoiron, dan Taofan Ali Achmadi. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepublish.

Maulidah, Riswana, Rarasaning Satianingsih, dan Via Yustitia. 2021. “Implementasi Media Flash Card: Studi Eksperimental Untuk Keterampilan Berhitung Siswa.” Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an 8(1): 7–14.

Payadnya, Andre, dan Trisna Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Putri Nasution, Eline Yanty, dan Nur Fauziah Siregar. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi.” Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan 15(02): 205–21. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/466.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran : Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Kencana.

Rusminati, Susi Hermin, dan Cholifah Tur Rosidah. 2018. “Korelasi Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Di Sdn Kebondalem Mojosari Dan Sdn Ketabang Surabaya.” Inventa 2(2): 97–103.

Rusyfian, Zurrahma. 2016. Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Bandung: Informatika Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatf, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Khusniya, S. I. ., Satianingsih, R. ., & Rosidah , C. T. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Berat. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 1171–1176. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/448