Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemecahan Masalah Di SD

Authors

  • Yolandita Gabriella Okti Efrika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Problem Based Learning (PBL) Learning Model, Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemecahan Masalah Matematika di Kelas IV SD Negeri Sedati Gede II Sidoarjo dan Bagaimana Implementasi Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas IV di SD Negeri Sedati Gede II Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Quasi Experimental Design berupa Nonequivalent Control Group Design dengan posttest only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II Sedatigede II Sidoarjo yang berjumlah 96 siswa dengan sampel yang terdiri dari 32 siswa kelas. IV A sebagai kelas kontrol dan 32 siswa di kelas VI C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara tes yaitu Posttest. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji normalitas, uji homogenitas dan uji T-Test. Berdasarkan hasil uji sampel independen dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0, menunjukkan bahwa hasil studi t-hitung yang diperoleh adalah (6,512). Sedangkan t-tabel diperoleh (0,000). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t hitung > t tabel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV Sedati Gede II Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sujana, I. W. (2019). Jurnal Pendidikan Dasar. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia, 31.

sari, D. N. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matemtika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8.

Payadnya, Andre, & Trisna, J. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatf, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 73-8

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.

Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.

Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., & Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.

Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Okti Efrika, Y. G. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemecahan Masalah Di SD. SNHRP, 1162–1170. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/447