Efektivitas Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Keywords:
Media ular tangga hasil belajarAbstract
Penggunaan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa dengan sampel yang terdiri dari 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media ular tangga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Downloads
References
Afandi. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar”. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol. 1. No. 1 (hlm. 77-89).
Anggara, I Made Citra., dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV”. Internasional Journal of Elementary Education. Vol.1. No. 4 (hlm.272-280).
Muhammad Arif Hidayat, S. R. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Pendampingan Belajar Matematika Anak di Desa Batu Malenggang Kabuapten Langkat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 60.
Pramita, Amilia.,dkk. 2016. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa”. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 5. No. 2 (hlm. 336-344).
Purnawan, dkk. 2018. “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2. No. 2 (hlm. 180-190).
Rakhmadhani, Nuzul., dkk. 2013. “Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tuournaments Berbantuan Media Teka-teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Kimia. Vo. 2. No. 4 (hlm. 190-197).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.