Efektivitas Media Pembelajaran Diary Book Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa

Authors

  • Elvina Febriyanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Media Pembelajaran, Diary Book, Keterampilan Menulis Agumentasi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tema tentang kesulitan siswa dalam melakukan keterampilan menulis. kesulitan itu dapat dilihat saat proses pembelajaran menuliskan pendapat atau berargumentasi. Kesulitan siswa biasanya dapat dilihat dari kurang mampunya siswa dalam memilih bahasa yang baik,dalam penulisan kalimatnya.serta kurangnya inovasi guru dalam mengembangkan media pembelajaran sebagai sarana menuliskan argumentasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sumur Welut III/440 Surabaya. Sampel dalam peneilitian ini Siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri Sumur Welut Surabaya yang berjumlah 22 Siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, di simpulkan penelitian tentang efektivitas media pembelajaran diary book terhadap keterampilan menulis argumentasi siswa Sekolah Dasar Negeri Sumur Welut III/440 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Muktadir. 2021 “Efektivitas Keterampilan Menulis Deakripsi Mahasiswa PGSD Melalui Pendekatan Pedagogi Genre” Program Studi Magister Pendidikan Dasar. Universitas Bengkulu Vol. 2 No. 3

Agung A, Yudana M., & Sugiastuti N. 2015. Pengaruh Penggunaan Diary Book. Vol.6, 2-4.

Astuti W. Y & Mustadi A. 2014. "Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD". Jurnal PGSD. Vol.2, 252.

Clara. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs3 Untuk Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Di SMP. Vol. 9.

Darmayanti M. A. I. 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Melalu Pembelajaran Berbasis Masalah. Hal. 146.

Darmayanti M. 2014. "Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah". Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 47. No. 2-3. Hal. 146-147.

Ekayani N. P. 2015. "Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa". Jurnal PGSD. Vol. 2.

Fasikhah N. 2011. "Peningkatan Keterampilan Menulis Iklan". Jurnal Media Penelitian Pendidikan Vol. 6 No. 2. Hal. 15.

Fauziya D. S. 2016. "Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-Duta Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi". Jurnal Riksa Bahasa. Vol. 2. No. 2.

Fitryana I. D. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Berita Dengan Metode Latihan Terbimbing Pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga. Skripsi. Universitas Negri Yogyakarta.

https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-argumentasi.html

Jennah R. 2009. Media Pembelajaran. E-Book. Banjarmasin: Antasari Press.

Juniarta Dkk. 2017” “Efektivitas Penggunaan Media Wall Chart (Bagan Dinding) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan ArgumentasiOleh Siswa Kelas X SMKParulian I Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018” Laporan Penelitian . Universitas Hkbp Nomensen.

Lestari S. 2009. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual. Tesis. Program Pasca Sarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Miftah M. 2013. "Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa". Jurnal Kependidikan. Vol. 1. No. 2. 100.

Mimi P.S. 2020 “ Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Di Stai Insya’ Ma’arif Sarolangun”. Dosen STAI Ma’arif Sarolangun Jurnal Pendidikan Vol.1 No 2

Mubarok A. S & Rokhmawati Z. 2017. "Pengembangan Media Buku Harian Berbasis Android Sebagai Stimulus Gemar Menulis Bagi Siswa SD". Jurnal Transformasi Pendidikan Abad 21. Vol. 2 No. 2

Mustadi A & Astuti Y. W 2014. "Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD". Jurnal Kependidikan. Vol.2. 251.

Nurrita T. 2018. "Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Jurnal Pengembangan Media. Vol. 3. No. 1.

Purnamasari. D. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas III A SDN Cluring 01 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Jember.

Prawiro M.2019 "Pengertin Argumrntasi ,Arti, Ciri-Ciri Dan Tujuan Arrgumentasi Vol. 03. No 16. Jurnal Pendidikan.

Rahzani D. R. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Menggunakan Metode Kontekstual Dengan Media Pembelajaran Berbasis ICT Pada Siswa Kelas X3 Sma Negeri 2 Temanggu. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Rahzanie D. R. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Menggunakan Metode Kontekstual Dengan Media Pembelajaran Berbasis ICT Pada Kelas X3 SMA. Hal. 26-28.

Ratna G. A. 2011. Keterampilan Peningkatan Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Media Pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial Pada Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Subah. Skripsi. Universitas Negri Semarang.

Rohani. 2019. Media Pembelajaran. E-Book. Universitas Islam Negri Sumatra Utara.

Rokhmawati Z & Mubarok A. S. 2017. Pengembangan Media Buku Harian Berbasis Android Sebagai Stimulus Gemar Menulis Bagi Siswa Sd, Vol. 2. Hal. 144-145.

Safitri R. D. 2011. Pemanfaatan Media Catatan Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas 1X C Smpn 9 Semarang. Skripsi. Universitas Negri Semarang.

Sardila V. 2015. "Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa". Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 40 No.2

Satriana. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Digital Book Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kelas VI SDN Batu Bessi Kabupaten Barru. Skripsi. Universitas Muhamadiyah Makasar.

Setyono A. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya DiTinjau Dari Minat Baca. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sholikhah R. Z. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Buku Harian Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Langsung Dan Teknik Modeling Pada Siswa Kelas VIIE Smp Negeri 30 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Sugiastuti Dkk. 2015. "Pengaruh Penggunaan Diary Book Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Ditinjau Darimotivasi Belajar Siswa Kelas X Smk Restumuning Perean". E-Journal Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan Vol. 6. No 1.

Sugiyono. 2017"Metodologi Penelitian" Hal 80

Syahrul M. A & Rokhmawati Z. 2017. "Pengembangan Media Harian Berbasis Android Sebagai Stimulus Gemar Menulis Bagi Siswa SD". Jurnal Pendidikan." Hal. 143.

Widi Y. A, Mustadi M. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD”. Jurnal Prima Edukasia. Vol. 2. No. 2.

Zainab Dkk. 2020. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Melalui Whatsapp Diary Writing” Jurnal Gender and Siciety Jurnal. Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Vol. 1 No. 2

Zainal Abidin DKK. 2020 “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19” . Jurnal Pendidikan. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Febriyanti, E. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Diary Book Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa. SNHRP, 1151–1158. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/445