Analisis Kesalahan Pola Kalimat Bahasa Indonesia Pada Karangan Narasi
Keywords:
pembelajaran bahasa Indonesia, pola kalimat, karangan narasiAbstract
Penggunaan bahasa yang menyimpang dari standar yang berlaku, yang mengakibatkan kesalahan bahasa tulis, menjadi motivasi penelitian ini. Analisis kesalahan bahasa sangat penting karena dapat digunakan sebagai alat evaluasi ketika mempelajari bahasa baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan pola kalimat bahasa Indonesia dalam karangan narasi yang ditulis oleh siswa kelas V SD Sedati Gede II Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Murid-murid kelas lima menjadi fokus penelitian ini. Pendekatan wawancara dan tes digunakan untuk mengumpulkan informasi. Tujuan pengumpulan data adalah untuk mendapatkan bahan, informasi, fakta, dan data yang kredibel. Analisis data dibagi menjadi tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat kesalahan pola kalimat yang telah diperjelas menjadi 7 tingkatan yaitu kesalahan kalimat yang tidak memiliki subjek dan predikat 3,9 persen, penghilangan 27 persen, kalimat dengan pola SP-verb diulang 23,1 persen, kalimat tanpa . terdapat unsur penghilangan objek atau objek 7,6 persen, kalimat dengan pola verba SP adalah SP 11,5 persen, fungsi deskripsi tidak benar 15,4persen, kalimat dengan pola verba SP adalah verba ulangan 11,5persen. Kesalahan pola kalimat bahasa Indonesia pada karangan narasi siswa banyak ditemukan pada penghilangan pokok bahasan.
Downloads
References
Asriani, P., & Sa’dijah, C. 2017, June. Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
Rosidah, C. T., (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87-103.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Halidjah, S. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Strategi Menulis Terbimbing di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9).
Juniarso, T. (2020). Pengaruh Teknik Direct Object Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Kelas IV Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Sdn Menanggal 601 Surabaya. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(4), 196-205.
Nurkholis, N. 2013. Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44.
Setyawati, N. 2013. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugono, D. dkk. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Edisi Keempat). Jakarta: Gramedia.
Sugono, D. 2011. Berbahasa Indonesia Dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
Supriani, R., & Siregar, I. R. (2016). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura, 67-76.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.
Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., & Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.
Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.