Strategi Guru Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Masa Pandemi Pada Siswa Kelas IV

Authors

  • Nadila Dwi Puji Fortuna Adi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Strategi, pembentukan karakter, pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembentukan karakter peserta didik pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas dan peserta didik. Lokasi dari penelitian ini adalah SDN Gayungan II Surabaya. Hasil temuan penelitian ini bahwa strategi guru dalam pembentukan karakter peserta didik pada masa pandemi Covid-19 yaitu (1) optimalisasi kerjasama gur dengan orang tua, (2) penanaman nilai-nilai karakter pada setiap aktivitas pembelajaran, (3) pembinaan karakter peserta didik oleh guru bimbingan konseling (BK). Pada dasarnya nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembentukan karakter peserta didik pada masa pandemi Covid-19 bertumpu pada lima nilai karakter utama pendidikan karakter yaitu religious, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan guru dalam mengambil kebijakan serta dalam melakukan pembentukan karakter peserta didik pada masa pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitri, N. L. (2019). Pemanfaatan Grup Whatsapp Sebagai Media Informasi Proses Belajar Anak Di KB Permata Bunda. Al-Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education , 151-166.

Husamah, Y. S. (2011). OPtimalisasi Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Berbasis Keterampilan Proses: Sebuah Prespektif Guru IPA Biologi. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan (JP3), 2(1), 69-81.

Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.

Nuranti, M. &. (2019). Strategi Guru dalam membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JPMI), Vol 1, No 3.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., & Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suradi. (2017). Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, Vol 2, No 4.

Suryanti, E. W. & Febi, D. W. (2018). Penguatab Pendidikan Karakter Berbasis Religius . Conference on Innovation and aplication of Science and Technology, 254-262.

Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.

Syarifah. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Ilmiah dari Perspektif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 4, 1-21.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Fortuna Adi, N. D. P. . (2022). Strategi Guru Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Masa Pandemi Pada Siswa Kelas IV. SNHRP, 1134–1139. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/443