Menerapkan Sikap Disiplin Di Sekolah Dasar

Authors

  • Bunga Yulia Trisna Purwaningrum Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Cahyani Fauzia Irawan Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Eka Ayu Lestari Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Isma Indiyah Farikhah Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Nadea Rosanty Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Regita Widia Annisa Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Tantri Septiarini Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

guru, disiplin, sekolah dasar

Abstract

Salah satu tujuan dari pendidikan adalah membentuk pribadi yang disiplin. Para orang tua mengharapkan bahwa guru di sekolah dapat mewakili serta mengembangkan kedisplinan pada anak-anaknya. Sebab guru berperan sebagai orang tua kedua ketika anak mulai masuk sekolah, sehingga kepribadian guru serta figurnya menjadi teladan bagi peserta didiknya. Guru mengarahkan siswa disiplin dalam belajar, mempersiapkan peralatan yang dibituhkan dalam belajar, mengerjakan tugas tepat watu, mengarahkan siswa berpakaian rapi dan sopan, mengarahkan siswa disiplin dalam menggunakan watu dan tida bermain-main  saat jam pelajaran dan soswa tidak diperbolehkan keluar masuk kelas tanpa seizin guru.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armayanti, Raisah. Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode

Maria Montessori. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA). 05. 5 10. (2017).

Cahyaningrum, Eka Septi. Sudaryanti, Nurtanio Agus Purwanto. Pengembangan Nilai

Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Pendidikan Anak. 6(2). (2017).

Elly, R. Hubungan Kedisplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10

Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. 3(4). (2016).

Kharisma Canggih. & Suyatno. Peran Guru Dalam Menanamkan Karakteri Disiplin Siswa

Di Sekolag Dasar Negeri Bleber 1 Prambanan Sleman. Fundamental Pendidikan Dasar. 1(2). 135-138. (2018).

Nelson, Jane. Positive Discipline: Creating Respectful relationship at Home and School.

(2016). (http:www.positivediscipline.com) diakes pada 30 Maret 2022.

Nugroho, Agung. Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Fundamental

Pendidikan Dasar. 3(2). 93-99. (2020).

Nuriyatun, Puji Dwi. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Di

SD Negeri 1 Bantul Skripsi. Yogyakarta : UNY. (2016).

Rohman, Fatkhur. Peran Pendidik. Dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah /

Madrasah. Artikel. UIN Sumatra Utara. (2018).

Tumewu, Sabrina. “Contoh Penerapan Metode Disiplin dalam Kehidupan sehari-hari”.

(2017). Tersedia: http://mhbali.com/contoh-penerapan-metode-disiplin-positif/ diakses 12 Februari 2021.

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. ( n.d.). Kata Kunci: 286-295.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Trisna Purwaningrum, B. Y. ., Irawan, C. F. ., Lestari, E. A. ., Farikhah, I. I. ., Rosanty, N. ., Annisa, R. W., & Septiarini, T. (2022). Menerapkan Sikap Disiplin Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 1126–1133. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/442