Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah
Keywords:
pembelajaran PPKn, berpikir kritis, pembelajaran problem based learningAbstract
Tujuan pembelajaran PPKn adalah untuk menjadikan siswa menjadi warga Negara yang baik. Warga Negara yang baik adalah warga Negara yang mampu menghadapi permasalahan yag terjadi dalam kehidupan. Demi menghadapi hal tersebut, seorang warga Negara harus memiliki kemampuan berpikir kritis. Untuk membekali warga Negara memiliki kemampuan berpikir kritis dapat ditempuh melalui proses pembelajaran PPKn disekolah dengan menyajikan beberapa media dan sumber belajar yang kontekstual dan nyata. Melalui pendekatan problem based learning dapat menstimulus adanya peningkatan berpikir kritis. Pendekatan berbasis masalah adalah sejenis pendekatan yang berorientasi pada keterampilan memecahkan masalah dan meatih siswa untuk berpikir kritis, rasional danbertanggung jawab. Keterampilan berpikir kritis dan kemampuan memecahan masalah adalah dua hal penting untuk siswa agar mampu membuat keputusan yang benar dan memecahkan berbagai masalah dalam hidupnya.
Downloads
References
Ananda. 2022. Berpikir kritis: pengertian, manfaat, cara mengasah dan rekomendasi buku. https://www.gramedia.com/best-seller/berpikir-kritis/amp/#aoh=16492486658620&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf=Dari%20%251%24s diakses pada tanggal 02 April 2022
Farisatuddiniyah, Thamia. 2022. Berpikir Kritis: Tujuan, Manfaat, dan Cara Membentuknya. https://www.hashmicro.com/id/blog/tujuan-manfaat-dan-cara-membentuk-berpikir-kritis/ diakses pada tanggal 30 Maret 2022
Hassoubah, Z.I. 2007. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Jakarta: Nuansa.
Hidayah, Nur. 2018. Bahan Makalah Konsep Dasar Ppkn. https://www.academia.edu/18378842/Bahan_makalah_konsep_dasar_ppkn diakses pada tanggal 30 Maret 2022
I Wayan Arya Adnyana, S.Pd., M.Pd.H. 2020. Tujuan Problem Based Learning. https://bdkdenpasar.kemenag.go.id/berita/model-problem-based-learning diskses pada tanggal 02 April 2022
Nurhayati, Eka. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Problem Solving Berbasis. https://text-id.123dok.com/document/qmj3d6wq-peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-melalui-pendekatan-problem-solving-berbasis-peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-melalui-pendekatan-problem-solving-berbasis-pembelajaran-kooperatif-tipe-student-teams-achievement-division-stad-ptk-pada-siswa-kel-1.html diakses pada tanggal 30 Maret 2022
Olivia, Sabat. 2021. Mengenal metode pembelajaran problem based learning, guru dan siswa harus tahu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5786780/mengenal-metode-pembelajaran-problem-based-learning-guru--siswa-harus-tahu/amp#aoh=16492488568635&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf=Dari%20%251%24s diakses pada tanggal 02 April 2022
Subramaniam. 2006. Problem-based learning: Concept, theories, effectiveness and application to radiology teaching Radiology. Waikato Clinical School University of Auckland: Hamilton New Zealand.
Sudarman. 2007. Problem Based Learniing: Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2 (2): 68-73.
Suparmi. 2015. Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. http://lib.unnes.ac.id/23179/1/4201411078.pdf diakses pada tanggal 30 Maret 2022
Sutama. 2010. Penelitian Tindakan. Semarang: Citra Mandiri Utama
Tanti. 2012. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. http://catatantanti.blogspot.com/2012/11/pendekatan-pembelajaran-berbasis-masalah.html?m=1 diakses pada tanggal 30 Maret 2022
Thabroni, Gamal. 2021. Contoh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. https://serupa.id/problem-based-learning/ diakses pada tanggal 02 April 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.