Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Fitri Robiatul Adawiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Maulidatul Andini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Lailatul Maghfiroh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yumniamar Sukian Dita Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ahmad Arju Lifadilillah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Riska Arifatul Mabruroh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hamidhah Kuswinarni Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

pembelajaran PPKn, berpikir kritis, pembelajaran problem based learning

Abstract

Tujuan pembelajaran PPKn adalah untuk menjadikan siswa menjadi warga Negara yang baik. Warga Negara yang baik adalah warga Negara yang mampu menghadapi permasalahan yag terjadi dalam kehidupan. Demi menghadapi hal tersebut, seorang warga Negara harus memiliki kemampuan berpikir kritis. Untuk membekali warga Negara memiliki kemampuan berpikir kritis dapat ditempuh melalui proses pembelajaran PPKn disekolah dengan menyajikan beberapa media dan sumber belajar yang kontekstual dan nyata. Melalui pendekatan problem based learning dapat menstimulus adanya peningkatan berpikir kritis.  Pendekatan berbasis masalah adalah sejenis pendekatan yang berorientasi pada keterampilan memecahkan masalah dan meatih siswa untuk berpikir kritis, rasional danbertanggung jawab. Keterampilan berpikir kritis dan kemampuan memecahan masalah adalah dua hal penting untuk siswa agar mampu membuat keputusan yang benar dan memecahkan berbagai masalah dalam hidupnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda. 2022. Berpikir kritis: pengertian, manfaat, cara mengasah dan rekomendasi buku. https://www.gramedia.com/best-seller/berpikir-kritis/amp/#aoh=16492486658620&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s diakses pada tanggal 02 April 2022

Farisatuddiniyah, Thamia. 2022. Berpikir Kritis: Tujuan, Manfaat, dan Cara Membentuknya. https://www.hashmicro.com/id/blog/tujuan-manfaat-dan-cara-membentuk-berpikir-kritis/ diakses pada tanggal 30 Maret 2022

Hassoubah, Z.I. 2007. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Jakarta: Nuansa.

Hidayah, Nur. 2018. Bahan Makalah Konsep Dasar Ppkn. https://www.academia.edu/18378842/Bahan_makalah_konsep_dasar_ppkn diakses pada tanggal 30 Maret 2022

I Wayan Arya Adnyana, S.Pd., M.Pd.H. 2020. Tujuan Problem Based Learning. https://bdkdenpasar.kemenag.go.id/berita/model-problem-based-learning diskses pada tanggal 02 April 2022

Nurhayati, Eka. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Problem Solving Berbasis. https://text-id.123dok.com/document/qmj3d6wq-peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-melalui-pendekatan-problem-solving-berbasis-peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-melalui-pendekatan-problem-solving-berbasis-pembelajaran-kooperatif-tipe-student-teams-achievement-division-stad-ptk-pada-siswa-kel-1.html diakses pada tanggal 30 Maret 2022

Olivia, Sabat. 2021. Mengenal metode pembelajaran problem based learning, guru dan siswa harus tahu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5786780/mengenal-metode-pembelajaran-problem-based-learning-guru--siswa-harus-tahu/amp#aoh=16492488568635&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s diakses pada tanggal 02 April 2022

Subramaniam. 2006. Problem-based learning: Concept, theories, effectiveness and application to radiology teaching Radiology. Waikato Clinical School University of Auckland: Hamilton New Zealand.

Sudarman. 2007. Problem Based Learniing: Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2 (2): 68-73.

Suparmi. 2015. Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. http://lib.unnes.ac.id/23179/1/4201411078.pdf diakses pada tanggal 30 Maret 2022

Sutama. 2010. Penelitian Tindakan. Semarang: Citra Mandiri Utama

Tanti. 2012. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. http://catatantanti.blogspot.com/2012/11/pendekatan-pembelajaran-berbasis-masalah.html?m=1 diakses pada tanggal 30 Maret 2022

Thabroni, Gamal. 2021. Contoh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. https://serupa.id/problem-based-learning/ diakses pada tanggal 02 April 2022

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Adawiyah , F. R. ., Andini , M. ., Maghfiroh , L. ., Dita, Y. S., Lifadilillah, A. A. ., Mabruroh, R. A. ., & Kuswinarni, H. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. SNHRP, 1119–1125. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/441