Strategi Guru Dalam Menanamkan Toleransi Pada Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Kelas Rendah

Authors

  • Ainun Mursyidah Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Alifah Nabila Azzahro Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Dini Adila Rahmah Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Eva Nur Maziyah Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Laily Safarina Fadliyah Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Nindy Putri Sabrina Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Riginia Tri Meitasari Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

toleransi, pendidikan inklusi

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode studi literasi atau kajian kepustakaan. Metode studi ini lebih banyak mengumpulkan informasi dan data, seperti artikel dan jurnal-jurnal, buku, dan membaca rujukan-rujukan yang terdapat hasil-hasil dari penelitian orang sebelumnya dan semacamnya yang terdapat beberapa landasan teori mengenai masalah yang akan diteliti. Toleransi adalah suatu sikap saling menghargai kelompok atau individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Toleransi penting untuk ditanamkan di sekolah, tujuannya agar peserta didik dapat menghargai satu sama lain. Terdapat beberapa strategi yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan sikap toleransi peserta didik di Sekolah Dasar, diantaranya: 1) Memberikan contoh atau teladan dalam berperilaku, 2) Menumbuhkan apresiasi terhadap perbedaan, 3) Guru menggunakan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran, 4) Peserta didik normal dan ABK (anak berkebutuhan khusus) duduk bersama tanpa dipisah antara ABK dengan yang normal.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakar, A. (2016). Konsep toleransi dan kebebasan beragama. Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 7(2), 123.

FEBRIANTI NUR KUSUMA DEWI, 12205173036 (2021) UPAYA GURU PADA PENDIDIKAN INKLUSI UNTUK MENANAMKAN KARAKTER SOSIAL PESERTA DIDIK DI SDN BETET 1 KEDIRI. [ Skripsi ]. 85-88.

Kartiningrum, E. D. (2015). PANDUAN PENYUSUNAN STUDI LITERATUR. 7.

Lattu, D. (2018). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(1).

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1699.

Putra, R. A. (2020). PENANAMAN SIKAP TOLERANSI ANAK DI PAUD INKLUSI (STUDI DI PAUD ANYELIR KOTA SEMARANG). Jurnal UNNES, 74.

Putri, Y, (2021). Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 156.

Rahmawati, K., & Fatmawati, L. (2017). PENANAMAN KARAKTER TOLERANSI DI SEKOLA INKLUSI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 10. 298.

SAMSUL, A. (2021). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAINILAI MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI KECAMATAN GEDONG TATAAN PESAWARAN - Raden Intan Repository. Radenintan.ac.id.

Suryadilaga, M. A. (2021). Mengajarkan Rasa Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini Dalam Persepektif Hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 112.

Tantri, Senjayani (2019) PENANAMAN SIKAP KERJASAMA DAN TOLERANSI PADA SISWA INKLUSI DI KELAS IV SD NEGERI 5 ARCAWINANGUN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

Yantoro, Hayati, S., & Wahyuni, S. A. (2020). STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI 131/IV KOTA JAMBI. Jurnal Fundadikdas, 154-156.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Mursyidah, A. ., Azzahro , A. N. ., Rahmah, D. A. ., Maziyah, E. N. ., Fadliyah, L. S. ., Sabrina , N. P. . ., & Meitasari, R. T. (2022). Strategi Guru Dalam Menanamkan Toleransi Pada Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 1112–1118. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/440