Penerapan Pendidikan Karakter Dan Budi Pekerti Dalam Kurikulum K13 Yang Berlandaskan Pancasila Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Viqqih Vinanda Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Muhammad Ihya’ Ulumuddin Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Zain Mahirul Ulum Ulum Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Tasya Shalsabilla Firdhaus Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Dinda Prameswari Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Anggita Noerma Ramadhani Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Rachma Safira Adiawati Wijaya Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

pembentukan karakter, pendidikan budi pekerti, pembelajaran, penanaman nilai

Abstract

Hasil penelitian pembentukan karakter siswa melalui pendidikan budi pekerti yang dilakukan yaitu melalui berbagai kegiatan, seperti kegiatan pembelajaran PPKN, pembelajaran Agama Islam dan pembelajaran yang lainnya yang disisipkan pendidikan budi pekerti, penanaman nilai-nilai karakter, tata tertib sekolah, penanaman kebiasaankebiasaan baik,. Pendidikan yang selama ini dialami siswa di sekolah masih bersifat kognitif. Padahal, untuk dapat mewujudkan hasil didikan yang maksimal, siswa haruslah memiliki pengetahuan secara intelektual dan pendidikan budi pekerti untuk membangun karakter bangsa. Hasil penelitian pembentukan karakter siswa melalui pendidikan budi pekerti yang dilakukan yaitu melalui berbagai kegiatan, seperti kegiatan pembelajaran PPKN, pembelajaran Agama Islam dan pembelajaran yang lainnya yang disisipkan pendidikan budi pekerti, penanaman nilai-nilai karakter, tata tertib sekolah, penanaman kebiasaankebiasaan baik,. Pendidikan yang selama ini dialami siswa di sekolah masih bersifat kognitif.. Padahal, untuk dapat mewujudkan hasil didikan yang maksimal, siswa haruslah memiliki pengetahuan secara intelektual dan pendidikan budi pekerti untuk membangun karakter bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Sanusi, S. (2016). Hubungan pendidikan karakter dengan budi pekerti siswa di smp megeri 2 galesong kabupaten takalar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 123–140. https://ojs.unm.ac.id/index.php/PSN-HSIS/article/viewFile/2737/1477

Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Sanusi, S. (2016). Hubungan pendidikan karakter dengan budi pekerti siswa di smp megeri 2 galesong kabupaten takalar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 123–140. https://ojs.unm.ac.id/index.php/PSN-HSIS/article/viewFile/2737/1477

Abdul Rahman Sholeh. (2005). Pendidikan Agama dan Pengembangn untuk Bangsa. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Anonym. (2021). Pendidikan Budi Pekerti. https://ruangguruku.com/pendidikan-budi-pekerti/ Diaskes pada 31 Maret 2022.

Dwiputri, Fira Ayu, dkk. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru. Volume 5 Nomor 1.

HM, Zainuddin. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa. Jurnal Universum by STAIN Kediri is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HM, Zainuddin. (2010). Membentuk Karakter Anak Melalui Pendidikan IPS. Malang : Penerbit Universitas Negeri Malang.

Ningsih, Tutuk. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto : STAIN Press, Purwokerto.

Perdana, N. S. (2018). Strengthening Character Education In Schools As Preven- Tion Efforts For Juvenile Delinquency Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah, 17(1), 32–54. Retrieved from https://doi.org/10.17509/e.v1i1.9860

Sedyawati, Edy dkk. (1997). Pedoman Penanaman Budi Pekerti Luhur. Jakarta: Balai Pustaka.

Suparno, Paul dkk. (2002). Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah Suatu Tinjauan Umum. Yogyakarta: Kanisius.

Sri Haryanti. (2017). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Jurnal FKIP Universitas Trunojoyo Madura.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Vinanda, M. V. ., Ulumuddin, M. I. ., Ulum, Z. M. U., Firdhaus, T. S., Prameswari, D. ., Ramadhani, A. N. ., & Adiawati Wijaya, R. S. . (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Dan Budi Pekerti Dalam Kurikulum K13 Yang Berlandaskan Pancasila Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. SNHRP, 4, 1097–1103. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/438