Pelaksanaan Pendidikan Keberagaman Melalui Permainan Peran Di Sekolah Dasar
Keywords:
etode Role Playing, sikap toleransi, penelitian tindakan kelasAbstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan di kelas IV SD Negeri Putat Jaya Surabaya yaitu: (1) sikap toleransi siswa masih rendah; (2) proses pembelajaran PKN masih berlangsung secara klasikal (Teacher Center); dan (3) kurangnya pemanfaatan model/metode pembelajaran. Dengan demikian tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran sikap toleransi keragaman suku bangsa dan budaya dengan penerapan metode role playing; dan (2) untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan sikap toleransi siswa kelas IV dengan penerapan metode role playing dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain model Kemmis dan MC. Taggart yang dilakukan selama dua siklus yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri Putat Jaya Surabaya tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu: (1) lembar observasi; dan (2) angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara umum aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mengenai sikap toleransi keragaman suku bangsa dan budaya mengalami perkembagan positif. Hal ini didasarkan pada rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 56persen dan pada siklus II menungkat menjadi 90 persen ; dan (2) secara umum peningkatan sikap toleransi keragaman suku bangsa dan budaya siswa kelas IV dengan menggunakan metode role playing dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mengalami perembangan positif. Hal ini didasarkan pada data N-Gain pada siklus I yaitu o,38 dan pada siklus II meningkat menjadi 0,58. Adapun data persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I yaitu 86 persen , setelah melakukan refleksi dan menindaklanjuti pada siklus II meningkat sangat baik menjadi 100 persen.
Downloads
References
Adinda Pradita, Lukman, Abdul Hakim. (2021), Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat DiKabupaten Enrekan. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/viewFile/27134/13566.
Basri Hasri. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang. https://media.neliti.com/media/publications/258052-penerapan-model-pembelajaran-role-playin-e1a411a7.pdf.
Murniati Agustian, Pricilla Anindyta, Maria Grace. (2018). MENGEMBANGKAN KARAKTER MENGHARGAI PERBEDAAN MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/2903/1779
Mustafida Fita. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. https://ojs.pps-ibrahimy.ac.id/index.php/jpii/article/view/191/123.
Nafida Nurul. (2011), Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada siswa kelas VA SD Tambakaji. http://lib.unnes.ac.id/9076/1/10174.pdf.
Purwanti. (2014). Penerapan Metode Role Playing sebagai Metode Pembelajaran Bidang studi PKN di SD Girisuko Panggung Gunung Kidul. https://www.researchgate.net/publication/343382881_PENERAPAN_METODE_ROLE_PLAYING_SEBAGAI_METODE_PEMBELAJARAN_BIDANG_STUDI_PKn_DI_SD_GIRISUKO_PANGGUNG_GUNUNG_KIDUL.
Seli Marlia, Aji Fauziana Ridwan, Asep Priatna. (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Kelas V. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/72/66 .
Tarigan Arleni, (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS siswa kelas III SD NEGERI 013 LUBUK KEMBANG SARI Kecamataan Ukui. https://media.neliti.com/media/publications/258217-penerapan-model-pembelajaran-role-playin-8344289c.pdf
Tri Fantovi Yahya. (2017). Pengaruh penerapan Metode Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku pada siswa Kelas IV SDN Patrang 01 Jember. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/80676/Tri%20Fantovi%20Yahya%20-%20130210204100_.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Widiyanto Delfian. (2017). Pembelajaran Toleransi dan Keragaman dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. http://eprints.uad.ac.id/9769/1/109-115%20Delfiyan%20Widiyanto.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.