Pelaksanaan Pendidikan Keberagaman Melalui Permainan Peran Di Sekolah Dasar

Authors

  • Adhisti Rizqita Amaliya Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Ayu Rosyidah Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Nurul Aulia Listya Mastuti Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Putri Rachma Wahyuni KH Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

etode Role Playing, sikap toleransi, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan di kelas IV SD Negeri  Putat Jaya Surabaya yaitu:  (1)  sikap  toleransi  siswa  masih  rendah;  (2)  proses pembelajaran PKN masih berlangsung secara klasikal (Teacher Center); dan (3) kurangnya pemanfaatan model/metode pembelajaran. Dengan demikian tujuan  penelitian  ini  yaitu:  (1)  untuk  mendeskripsikan  bagaimana  aktivitas siswa  dalam  pembelajaran  sikap  toleransi  keragaman suku  bangsa  dan budaya   dengan   penerapan   metode role  playing; dan (2)  untuk mendeskripsikan peningkatan  kemampuan  sikap  toleransi  siswa  kelas  IV dengan  penerapan  metode role  playing dalam  pembelajaran.  Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain model Kemmis dan MC. Taggart yang dilakukan selama dua siklus  yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri Putat Jaya Surabaya tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu: (1) lembar observasi; dan (2) angket. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa: (1) secara umum aktivitas siswa kelas  IV  dalam  pembelajaran  Pendidikan Kewarganegaraan mengenai  sikap toleransi keragaman suku bangsa dan budaya mengalami perkembagan positif.  Hal ini didasarkan pada rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 56persen dan pada siklus II menungkat menjadi 90 persen ; dan (2) secara umum peningkatan sikap toleransi keragaman suku bangsa dan budaya siswa kelas IV dengan menggunakan  metode  role  playing  dalam  pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mengalami perembangan positif. Hal ini didasarkan pada data N-Gain pada siklus I yaitu o,38 dan pada siklus II meningkat menjadi 0,58. Adapun data persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I yaitu 86 persen , setelah melakukan refleksi dan menindaklanjuti pada siklus II meningkat sangat baik menjadi 100 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda Pradita, Lukman, Abdul Hakim. (2021), Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat DiKabupaten Enrekan. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/viewFile/27134/13566.

Basri Hasri. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang. https://media.neliti.com/media/publications/258052-penerapan-model-pembelajaran-role-playin-e1a411a7.pdf.

Murniati Agustian, Pricilla Anindyta, Maria Grace. (2018). MENGEMBANGKAN KARAKTER MENGHARGAI PERBEDAAN MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/2903/1779

Mustafida Fita. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. https://ojs.pps-ibrahimy.ac.id/index.php/jpii/article/view/191/123.

Nafida Nurul. (2011), Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada siswa kelas VA SD Tambakaji. http://lib.unnes.ac.id/9076/1/10174.pdf.

Purwanti. (2014). Penerapan Metode Role Playing sebagai Metode Pembelajaran Bidang studi PKN di SD Girisuko Panggung Gunung Kidul. https://www.researchgate.net/publication/343382881_PENERAPAN_METODE_ROLE_PLAYING_SEBAGAI_METODE_PEMBELAJARAN_BIDANG_STUDI_PKn_DI_SD_GIRISUKO_PANGGUNG_GUNUNG_KIDUL.

Seli Marlia, Aji Fauziana Ridwan, Asep Priatna. (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Kelas V. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/72/66 .

Tarigan Arleni, (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS siswa kelas III SD NEGERI 013 LUBUK KEMBANG SARI Kecamataan Ukui. https://media.neliti.com/media/publications/258217-penerapan-model-pembelajaran-role-playin-8344289c.pdf

Tri Fantovi Yahya. (2017). Pengaruh penerapan Metode Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku pada siswa Kelas IV SDN Patrang 01 Jember. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/80676/Tri%20Fantovi%20Yahya%20-%20130210204100_.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Widiyanto Delfian. (2017). Pembelajaran Toleransi dan Keragaman dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. http://eprints.uad.ac.id/9769/1/109-115%20Delfiyan%20Widiyanto.pdf

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Amaliya, A. R. ., Rosyidah, A., Listya Mastuti, N. A. ., & Wahyuni KH, P. R. . (2022). Pelaksanaan Pendidikan Keberagaman Melalui Permainan Peran Di Sekolah Dasar. SNHRP, 1089–1096. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/437