Pengaruh Perkembangan Teknologi Dalam Pembelajaran Abad 21 Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia
Keywords:
Perkembangan Teknologi, Abad 21, Pendidikan kewarganegaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi dalam pembelajaran abad 21 pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau studi literatur. Berdasarkan pada hasil pembahasan, perkembangan teknologi yang merata di setiap bidang kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan memaksa manusia untuk mengikuti laju perkembangan teknologi. Pada pendidikan abad 21 ini teknologi telah menjadi pelengkap utama dalam setiap kegiatan pembelajaran. Pentingnya teknologi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yaitu agar dapat memudahkan siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh guru dan proses pembelajarannya menjadi lebih efektif. Oleh karena itu, Guru Pendidikan kewarganegaraan dituntut untuk menjadikan anak didiknya menjadi warga negara yang berpikiran aktif dan berpartisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di abad 21 ini.
Downloads
References
ADH. (2021). Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli, Ketahui Manfaat Beserta Jenisnya. https://www.merdeka.com/trending/pengertian-teknologi-menurut-para-ahli-ketahui-manfaat-beserta-jenisnya-kln.html (Diakses pada tanggal 04 April 2022)
Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.
Churohman, M. (2019). Tantangan Guru PPKN Di Abad 21 Dalam Mendidik Siswa Generasi Z. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57-65.
Kurniawan, A. (2022). 17 Definisi, Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Dan Perkembangannya. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-teknologi/ (Diakses pada tanggal 04 April 2022)
Megahantara, G. S. (2017). Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di abad 21. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mifta, TANTANGAN GURU PPKN DI ABAD 21 DALAM MENDIDIK SISWA GENERASI Z, https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Mifta-Churohman.Crystal-School-Surabaya.pdf. Di unduh pada 2 April 2022
Nurkholis. PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Hal. 25-26
Putri, K. (2018). Apa itu Teknologi? Sejarah dan Pengertian Teknologi. https://teknologi.id/insight/apa-itu-teknologi-sejarah-dan-pengertian-teknologi (Diakses pada tanggal 04 April 2022)
Sudibyo, Lies. (2011). “Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia”. Jurnal WIDYATAMA Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Vol. 20, No.2: 175-185.
Yunianto, Teguh, Suyadi, and Suherman. (2020). “Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran10 (2): 203.https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6339.
Buku pendidikan ppkn: Subadi, T. (2007). Pendidikan kewarganegaraan. BP-FKIP UMS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.