Pengaruh Perkembangan Teknologi Dalam Pembelajaran Abad 21 Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia

Authors

  • Natasya Amalia Mokol Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Fioren Juni Kurnia Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Mailisa Tri Wulandari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rifda Aini Waluyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Maria Herawati Suni Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Perkembangan Teknologi, Abad 21, Pendidikan kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi dalam pembelajaran abad 21 pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau studi literatur. Berdasarkan pada hasil pembahasan, perkembangan teknologi yang merata di setiap bidang kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan memaksa manusia untuk mengikuti laju perkembangan teknologi. Pada pendidikan abad 21 ini teknologi telah menjadi pelengkap utama dalam setiap kegiatan pembelajaran. Pentingnya teknologi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yaitu agar dapat memudahkan siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh guru dan proses pembelajarannya menjadi lebih efektif. Oleh karena itu, Guru Pendidikan kewarganegaraan dituntut untuk menjadikan anak didiknya menjadi warga negara yang berpikiran aktif dan berpartisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di abad 21 ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ADH. (2021). Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli, Ketahui Manfaat Beserta Jenisnya. https://www.merdeka.com/trending/pengertian-teknologi-menurut-para-ahli-ketahui-manfaat-beserta-jenisnya-kln.html (Diakses pada tanggal 04 April 2022)

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Churohman, M. (2019). Tantangan Guru PPKN Di Abad 21 Dalam Mendidik Siswa Generasi Z. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57-65.

Kurniawan, A. (2022). 17 Definisi, Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Dan Perkembangannya. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-teknologi/ (Diakses pada tanggal 04 April 2022)

Megahantara, G. S. (2017). Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di abad 21. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mifta, TANTANGAN GURU PPKN DI ABAD 21 DALAM MENDIDIK SISWA GENERASI Z, https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Mifta-Churohman.Crystal-School-Surabaya.pdf. Di unduh pada 2 April 2022

Nurkholis. PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Hal. 25-26

Putri, K. (2018). Apa itu Teknologi? Sejarah dan Pengertian Teknologi. https://teknologi.id/insight/apa-itu-teknologi-sejarah-dan-pengertian-teknologi (Diakses pada tanggal 04 April 2022)

Sudibyo, Lies. (2011). “Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia”. Jurnal WIDYATAMA Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Vol. 20, No.2: 175-185.

Yunianto, Teguh, Suyadi, and Suherman. (2020). “Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran10 (2): 203.https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6339.

Buku pendidikan ppkn: Subadi, T. (2007). Pendidikan kewarganegaraan. BP-FKIP UMS

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Mokol, N. A. ., Kurnia Putri, F. J. ., Wulandari, M. T. ., Waluyo, R. A. ., & Suni, M. H. . (2022). Pengaruh Perkembangan Teknologi Dalam Pembelajaran Abad 21 Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia. SNHRP, 1082–1088. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/436