Penerapan Program Roleplaying Pada Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Lailatul Masturoh Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Srie Zahra Nur Nadiya P.U Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Aulia Putri Eka F Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Shendy Alfiana Putri Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Ita Alfia Masruroh Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

metode, role playing, PPKN

Abstract

Metode role playing merupakan suatu cara yang ditempuh dalam mempelajari PPKN dengan mengabstraksikan kenyataan yang ada dalam bentuk pemeranan. Menurut Greenblat (Suparno 2007) simulasi adalah model dinamika yang menggambarkan atau mengungkapkan system fisik (non manusia) atau social (manusia) yang diabstraksikan dari kenyataan dan disederhankan untuk proses belajar. .Metode simulasi atau role playing merupakan metode belajar yang menyenangkan.Metode penelitian yang digunakan dalam metode ini adalah metode kualitatifdengan pendekatan classroom action research, dimana peneliti ikut terjun langsung pada objek penelitian. Dengan demikian peneliti dapat melihat kesenjangan antara keadaan nyata dengan keadaan yang diharapkan, sehingga peneliti mengerti, memahami dan mengatasi masalah yang terjadi pada objek penelitian. Banyak definisi tentang roleplaying yang diberikan oleh para ahli pendidikan. Beberapa diantaranya adalah adalah sebagai berikut: Bermain peran/role playing adalah salah satu bentuk bermain peran pendidikan (education games) yang dipakai untuk menjelaskan perasaan, sikap,tingkah laku dan nilai dengan tujuan untuk menghayati perasaan, sudut pandangan dan cara berpikir oranglain dengan memerankan orang lain. Pembangunan nasional dibidang pendidikan adalah suatu upaya yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat adil, maju dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang memungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia Indonesia seutuhnya. Penerapan metode roleplaying memberikan pengaruh yang cukup tinggi terhadap peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Rahim, Risky Dwiprabowo. “PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Kependidikan 1.2 ( 2020 ).

Catur Nugroho. “Keefektifan Metode Pembelajaran RolePlaying Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKN Siswa Kelas X di SMK N 2 Magelang”. (2017).

INDRIYANTI WARSININGSIH. “PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS V MIN” Pontianak (2017 ).

Purwanti, Purwanti. "Penerapan Metode Role Playing sebagai Metode Pembelajaran Bidang Studi PKn di SD Girisuko Panggung Gunung Kidul." Academy of Education Journal 5.2 (2014).

Rahim, A., and Rizky Dwiprabowo. "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR." Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1.2 (2020): 210-217.

Salimi, Asmayani. "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 4.7.

Slamet, Berti Ria Novita. “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN KEBEBASAN BERORGANISASI PADA SISWA KELAS V DI SDN SUKOWONO 04 JEMBER” (2017).

Tika Nofita, Suryani .,Asmayani Salimi.“PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa4.7.(2015). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10689 (Diakses pada 03 April 2022 )

Widiyawati, Mahmud Alpusari, Zariul Antosa. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS II SD NEGERI 136 PEKANBARU” Pekanbaru.

Wijaya, Apriyanda Kusuma, Urip Gitono, and Muhammad Mona Adha. "Kontribusi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Model Role Playing untuk Pengembangan Keterampilan Intelektual Siswa." Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Universitas Tanjungpura 1.2 (2020): 130-139.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Masturoh, L., Nur Nadiya P.U, S. Z. ., Eka F, A. P., Alfiana Putri, S., & Masruroh, I. A. . (2022). Penerapan Program Roleplaying Pada Pendidikan Kewarganegaraan. SNHRP, 1075–1081. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/435