Mempersiapkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar

Authors

  • Auliya’ Ayu Fatichah Sari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dinda El Maskhuriyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Erist Galih Fatchan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Varissa Sarahma Murti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wulan Maulidia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membahas mempersiapkan profil pelajar pancasila dalam pmebelajaran PKN di Sekolah Dasar. Dengan hadirnya Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar, diharapkan mampu membentuk karakter murid dan mampu membantu murid memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi karakter warga negara yang baik, cerdas, terampil, dan bertanggung jawab. Penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan Pelajar Pancasila pada dasarnya adalah mendorong lahirnya manusia yang baik, yang memiliki enam ciri utama, yaitu bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global. sebab itu, pendidikan karakter menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan. Salah satu pendidikan karakter adalah melalui Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila telah dijadikan sebagai salah satu visi dan misi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anif, Istianah, dkk. 2021. Integrasi Nilai-nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62-70.

Danial, Endang. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

Djamaluddin, Ahdar dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Kaaffah Learning Center.

Hikmawati, Ifa. 2021. Peran Guru PPKN dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila di MTS Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi. Malah: Universitas Muhammadiyah.

Kemendikbud. 2022. Profil Pelajar Pancasila. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila diakses pada tanggal 5 April 2022 pukul 13.00.

Magdalena, Ina dkk. 2020. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3), 418-430.

Rachmawati, Nugraheni. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Dasar Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal: Basicedu, 6(3) 3613-3625.

Rusnaini, dkk. Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.

Sutiyono. 2017. Pengembangan Civic Skills Melalui Seminar Socrates Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal: Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2) 58-67.

Tulili, Imran. 2021. Profil Pelajar Pancasila. https://www.imrantululi.net/berita/detail/profil-pelajar-pancasila#:~:text=Pelajar%20yang%20memiliki%20profil%20ini,Bernalar%20kritis%3B%206)%20Kreatif. diakses pada tanggal 5 April 2022 pukul 13.00.

Zahrotum, Barorina. 2021. Konseptual Implementasi Profil Pelajar Pancasila Studi Kasus di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo dan SDN 1 Nologaten Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Fatichah Sari, A. A. ., Maskhuriyah, D. E., Fatchan, E. G., Murti, V. S., & Maulidia, W. . (2022). Mempersiapkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. SNHRP, 1068–1074. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/433