Perlunya Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Dalam Mata Pelajaran PPKn Pada Era Generasi Milenial

Authors

  • Alfredo Ibara Febriant Utomo Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Aliya Mayang Nanda Rosa Budianti Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Hilda Aulia Riswama Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Dwimartin Bella Hapsari Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Sinta Fitrianah Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Widia Putri Aditya Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Penanaman Pendidikan Karakter, pembelajaran ppkn, studi literatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan mengetahui cara mendidik karakter pada anak sekolah dasar dalam mata pelajaran PPKn pada era generasi milenial agar menjadi generasi yang berkarakter. Sehingga mampu bersaing dengan masyarakat di era globalisasi saat ini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Nilai-nilai yang ditanamkan pada pendidikan karakter ini seperti Religious, Mandiri, Nasionalis, Integritas, dan Gotong Royong. Penanaman pendidikan karakter ini dapat diimplementasikan dalam muatan pembelajaran. Hasil penelitian menemukan bahwa karakter yang baik berkaitan dengan mengetahui yang baik, mencintai yang baik, dan melakukan yang baik. Dengan mengaitkan penanaman pendidikan karakter dalam mata pelajaran PPKn yang mana nantinya diharapkan agar dapat membentuk karakter anak sekolah dasar menjadi lebih baik melalui konsep-konsep PPKn serta semua tenaga pendidik untuk menciptakan generasi milenial yang tidak hanya cerdas tetapi memiliki karakter yang baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi Dalam Dunia

Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 65-77.

Ariatama, Soni. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Warga

Negara Pada Era Generasi Milenial. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Lampung.

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.

Kemdikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.

Machfiroh, R., Sapriya, S., & Komalasari, K. (2018). Characteristics of Young Indonesian Citizenship in the Digital Era. 251(Acec), 5-7.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian Cetakan Ke-5. Ghalia.

Prabowo, D. (2014). Implementasi Karakter Gotong Royong dan Peduli Sosial dalam Kerja Bakti

Mingguan (Studi Kasus pada Masyarakat di Desa Miri Slogoretno Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri).

Tome, Hamid Abdul. (2020). Membumikan Pancasila: Upaya Pelembagaan Nilai Pancasila Dalam

Kehidupan Masyarakat Desa. Jurnal Al-‘Adl 13 (1), 118-131, 2020.

Wahyuningsir, S. (2021). Revitalisasi Pendidikan Karakter Wujudkan SDM dengan Keterampilan

Abad 21. Direktorat Sekolah Dasar.

Zahid, G. (2015). Globalization, Nationalization and Rationalization. Procedia – Social and

Behavioral Sciences. (174): 109-114.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Febriant Utomo, A. I. ., Nanda Rosa Budianti, A. M. ., Riswama, H. A., Hapsari, D. B., Fitrianah, S. ., & Aditya, W. P. . (2022). Perlunya Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Dalam Mata Pelajaran PPKn Pada Era Generasi Milenial. SNHRP, 1053–1058. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/432