Efektifitas Pembelajaran Mind Mapping Di Sekolah Dasar
Keywords:
Pembelajaran, Mind Mapping, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi pada saat pembelajaran daring adalah pendidik masih menggunakan media pembelajaran yang konvensional sehingga membuat peserta didik mengalami bosan dan materi pembelajaran yang disampaikan tidak jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mind mapping di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design (eksperimen semu). Rancangan penelitian ini menggunakan jenis Posttest- Only Control Group. Teknik yang digunakan peneliti yakni cluster sampling atau sampel berkluster. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni menggunakan tes posttest. Teknik analisis data menggunakan statistik uji-t yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Pada analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 16.
Downloads
References
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.
Cantona. E. G. I., & Sudarma. K. 1. (2020). "Model Pembelajaran SAVI Berbantu Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V". Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. Vol. 3 No.2, pp. 269-279.
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Haryanti, W. (2022). Efektifitas Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Secara Daring. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 24–29.
Intan, R, M. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring. Tersedia pada https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/maurizarifdaliaintandifasari9593/610419a79f7b9d3d720ff352/aplikasi-canva-sebagai-media-pembelajaran-daring. Diakses tanggal 30 Juli 2021 pukul 23.00.
Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.
Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Variani., & Agung. (2020). "Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V". Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. Vol. 3 No.2, pp. 290-302.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.