Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Risa Istikasari Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Pembelajaran tematik, model pembelajaran inquiry

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang masih konvensional. Hal ini ditunjukkan masalah yang timbul disebabkan kurangnya penerapan model yang bervariasi di dalam pembelajaran tematik sehingga pembelajaran kurang menarik dan siswa kurang bersemangat, karenanya guru harus merubah model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tematik dengan model pembelajaran inquiry yang memfokuskan pada siswa. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan penerapan model inquiry pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa aktivitas guru dan siswa dalam model pembelajaran pada pembelajaran tematik berkategori sangat baik. Aktivitas guru menunjukkan persentase 91,25 persen, aktivitas siswa menunjukkan persentase 88,75 persen, ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 93,75 persen. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa akivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran inquiry sangat efektif dan memberikan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Menanggal 601 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Multi Literasi. Jakarta: Refika Aditama.

Ahyar, Hardani., & Dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Assingkily Shaleh, Muhammad., & Br. Barus, US. (2019). Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dasar. Vol. 9 No. 2, 2086-4205.

Dewi, Sintya., & Reinita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri di Kelas IV SDN 07 Lubuk Alung. Vol.2 No.2.

Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.

Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Tohir, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015

Yanti, Yuli., Herpratiwi., & Mustakim, Erni. (2018). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas V SD. Vol. 6 No. 10.

Yofamella, D., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Inquiry Learning Dalam Di Kelas III Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Vol.8 No.8, 159–172.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Istikasari, R. . (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Kelas IV Sekolah Dasar. SNHRP, 1019–1025. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/427