Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Di Sekolah Dasar
Keywords:
model Problem Based LearningAbstract
Keterampilan berfikir kritis pada peserta didik dapat dikembangkan sejak dini pada jenjang sekolah dasar, namun yang dapat kita ketahui saat ini kemampuan peserta didik berkurang terutama dalam hal memahami dan bagaimana memecahkan sebuah masalah masih rendah, hal ini di karenakan pengajar terbiasa menggunakan metode ceramah sehingga siswa terbiasa di terangkan saja sehingga peserta didik tidak terbiasa memecahkan sebuah masalah, tujuan penelitian ini agar peserta didik mampu mengembangkan keterampilan berfikir kritisnya untuk pembelajaran dan juga bermanfaat baginya ketika sudah terjun di masyarakat. Dalam hal ini pengajar harus memiliki solusi dan mendesain untuk membuat peserta didik mau giat dalam belajar. Model pembelajaran yang bisa diterapkan pada peserta didik agar dapat belajar memecahkan sebuah masalah adalah model problem based learing hal ini dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik. Model problem based learning sendiri adalah pembelajaran yang menekankan belajar sebagai proses yang melibatkan pemecahan masalahdan berfikir kritis. Metode yang digunakan dalam hal ini adalah quaise experimental desaign dimana eksperimen yang dilakukan pada kelas kontrol dan eksperimen tidak dipilih secara acak, menggunakan dua kelas untuk pengambilan data. Kemudian untuk hasil dari penelitian ini adanya pengaruh dari model pembelajaran problem based learning yang telah diterapkan, sehingga dapat dikatakan siswa mampu berfikir kritis melalui model pembelajaran yang telah diajarkan.
Downloads
References
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.
Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.
Mayari, S., & Nurhairani. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question (Lsq) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Di Kelas V Sdn 101777 Saentis. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4(3), 247-254.
Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Riani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 2615-6091
Rudyanto. (2014). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Premiere Educandum, 4 (1), 41-48
Sugiyono. (2015). Buku Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA, cv
Yuliani, P. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Tersedia (https://www.academia.edu).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.