Keefektifan Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Dinda Putri Nu Erisanti Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Model, learning cycle 5e, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan model Learning Cycle 5e terhadap hasil belajar materi sistem peredaran darah kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah non equivalent post-test only control group design. Pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling. Sample yang digunakan aalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Model Leaning Cycle 5E dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas ekperimen. Model learning memiliki pengaruh yang  besar terhadap hasil belajar siswa. Jadi dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut membuktikan adanya perbedaan yang signifikan dan pembelajaran yang lebih baik antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dibandingkan dengan yang kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 43. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148. file:///D:/BACKUP DATA C/Downloads/214-Article Text-587-1-10-20201024.pdf

Pemerdiknas. (2006).Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546

Rahayu, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Dalam Pembelajaran IPA. Beta Aksara.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.

Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Shofiah, S., Lukito, A., & Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 54–62.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Nu Erisanti, D. P. . (2022). Keefektifan Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Kelas V Sekolah Dasar. SNHRP, 997–1005. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/424