Efektivitas Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar

Authors

  • Amelia Febrianti Irawan Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Pendekatan TPACK, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa pada anak sekolah dasar kelas IV. Rendahnya hasil belajar IPA ini dipengaruhi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru dan kurang tepatnya pemilihan pendekatan, media dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan TPACK terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design menggunakan Posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas IV SD. metode pengumpulan data yang digunakan adalah Tes. Pemberian tes yang dimaksud adalah posttest yang dilaksanakan setelah penerapan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Pendekatan TPACK terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar IPA kelas Eksperimen dengan kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Farikah dan M. Malik A.F. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowladge (TPACK): The Students’ Perspective on Writing Class. Universitas Tidar Indonesia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2).

Imam F R. (2019). Technologocal Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Universitas Pamulang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1).

Irmita dan Sri Atun. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan TPACK Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Tadris Kimiya, 2(1), 84-90.

Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.

Muakhirin, Binti. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. SD Negri Cibok Lor Seyegan. Jurnal Ilmiah Guru Cope, 1.

Mar’atus S, dkk. (2016). Peranan TPACK Terhadap Kemampuan Mentusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika Dalam Pembelajaran POST-PACK. Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan, 1(2).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.

Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28

Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Irawan, A. F. . (2022). Efektivitas Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. SNHRP, 985–990. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/422