Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Shofifah Indarsah Indarsah Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Sifat-Sifat Cahaya, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis menjadi perhatian yang paling depan pada proses pembelajaran. Keterampilan ini menjadi elemen yang penting dikuasi siswa terlebih dalam menghadapi perubahan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan True Experimental Design bentuk pretest posttest group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya. Sedangkan sampelnya terdiri dari 20 siswa kelas IV-B (kelas eksperimen) dan 20 siswa kelas IV-C (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal uraian tes kemampuan berpikir kritis. Analisis penelitian ini menggunakan SPSS 16 yang menunjukkan bahwa signifikasi < α = 5 persen atau 0.05 yaitu 0.000 < 0.05 yang artinya penggunaan model problem based learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sifat-sifat cahaya kelas SDN Menanggal 601 Surabaya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Burhanuddin. (2012). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) Pada Siswa Kelas V SDN 06 Ngirongo Tahun Ajaran 2011/2012 (skripsi). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Fitriani, W., Suwarjo, & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234-242.

Islam, F. M., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 613-628.

Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.

Larasati, D.A., Utaya, S., & Ruja, N. S.U. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi SMA.

Prianto, Y. (2018). Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Cahaya melalui Model Pembelajaran Student Facilitatorand Explaining(SFE) pada Siswa Kelas V di MI AL-Abror. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1-17.

Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rusnayati, H., & Eka, C. P. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas pada Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sholiha, M., Tamam, B., & Munawaroh, F. (2017). Pengembangan Media Kotak Cahaya Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Ilmiah Rekayasa, 10(1), 34-43.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Wulandari, W., Liliasari, F. M., & Titin, S. (2011). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pembelajaran MIPA, 16(2), 116-121.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Indarsah, S. I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Sekolah Dasar. SNHRP, 973–978. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/420