Pengembangan Buku Ajar Jenjang Sekolah Dasar Berbasis Multiple Intelligence

Authors

  • Nur Fathonah Pendidikan Matematika,FKIP, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Erlin Ladyawati Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pengembangan buku ajar jenjang Sekolah Dasar materi Pecahan berbasis multiple intelligence.Kualitas buku ajar jenjang Sekolah Dasar materi Pecahan berbasis multiple intelligence diukur dengan kriteria kevalidan. Pengembangan buku ajar jenjang Sekolah Dasar materi Pecahan berbasis multiple intelligence dikatakan memenuhi kualitas baik dan layak digunakan sebagai buku ajar apabila memenuhi kriteria valid, artinya angket validasi yang diisi oleh ahli isi, sajian, dan kegrafikan minimal berada pada kriteria baik dengan sedikit revisi serta angket uji keterbacaan berada minimal kriteria baik. Pengembangan buku ajar ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementasi, dan Evalation.Pada penulisan ini hanya sampai pada tahap pengembangan saja karena keterbatasan waktu. Dari data yang diperoleh didapatkan kesimpulan bahwa buku yang dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE memperoleh kriteria “baik” dengan sedikit revisi untuk uji kelayakan isi, sajian, dan kebahasaan. Sedangkan pada uji keterbacaan buku matematika “Pecahan berbasis Multiple Intelligence” juga memperoleh kriteria “sangat baik”.Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa buku yang telah dikembangkan memenuhi kualitas baik dan layak digunakan untuk dijadikan buku ajar pada pembelajaran di Sekolah Dasar.

Kata kunci : Buku Ajar, Multiple Intelligence, Kriteria Valid.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Nur Fathonah, & Erlin Ladyawati. (2021). Pengembangan Buku Ajar Jenjang Sekolah Dasar Berbasis Multiple Intelligence. SNHRP, 559–570. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/42