Implementasi Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar

Authors

  • Erike Agis Stiawati Stiawati Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

example non example, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan penggunaan model pembelajaran yang masih monoton dan ketidakpahaman siswa terhadap materi terutama pada hasil belajar siswa kelas IV. Rendahnya hasil belajar dipengaruhi keterlibatan siswa dalam berdiskusi dan memecahkan masalah masih kurang. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sumur Welut III/440 Surabaya dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan alat penilaian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan cara menghitung rata-rata dan persentase rata-rata aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran example non example. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dikategorikan dengan “Sangat Tinggi”. Dari hasil penelitian tersebut implementasi model pembelajaran example non example membuat siswa memahami dan memecahkan masalah, serta keterlibatan siswa jauh lebih aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lestari, M., Mandasri, N., & Firduansyah, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri Babat. Linggau Jurnal Of Elementary School Education, 1(2), 24–29.

Marsela, C., dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Dengan Media Game Edukasi Quiziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Natural Sciences, 2(2), 53–61. https://doi.org/10.34007/jonas.v2i2.100

NA, T. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(1), 41–50.

Nurlatifah, I., Nurochmah, A., & Amalia, A. R. (2018). Penerapan Model Example Non Example Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Ipa. 1(1), 1–9.

Palendeng, F. G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 117–122.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.

Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.

Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Suyanti, P., Hanifah, N., & Sunarya, D. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Materi Tokoh-Tokoh Sejarah Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gunungsari. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2021–2030.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Stiawati, E. A. S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. SNHRP, 959–965. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/418