Implementasi Model Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pelestarian SDA Kelas IV SD

Authors

  • Firda Anistasya Rosyada Muslim Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada mapel IPA siswa kelas IV SDN Sumur Welut III Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumur Welut III Surabaya dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari 13 perempuan dan 19 laki-laki. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dengan instrumen pengumpulan data observasi dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa penerapan model Think Pair Share pada mapel IPA materi pelestarian sumber daya alam dapat di lihat bahwa hasil pengelolaan data penelitian pada lembar observasi aktivitas guru mendapat skor 90 persen termasuk kategori sangat baik. Pada lembar observasi siswa mendaptkan skor 88 persen termasuk dalam kategori sangat baik. Lembar tes hasil belajar menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar klasikal mendapatkan presentase sebesar 84 persen yang diperoleh dari 27 siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nursidik. 2011. Karakteristik dan Kebutuhan Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar. Online at http://dgirlss.wordpress.com/karakteristik-dan-kebutuhan-pendidikan-anak-usia-sekolah-dasar-oleh-nursidik-kurniawan-a-ma-pd-sd/-[accessed05/01/14].

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ARRUZ MEDIA.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Celeban Timur UH II Yogyakarta 55167: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Rosyada Muslim, F. A. (2022). Implementasi Model Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pelestarian SDA Kelas IV SD. SNHRP, 952–958. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/416