Strategi Pembelajaran Critical Incident Pada Materi Kenampakan Alam Dan Pemanfaatannya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
Strategi Pembelajaran Critical Incident, Kenampakan Alam dan PemanfaatannyaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pembelajaran yang masih belum bervariasi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang kurang aktif selama mengikuti proses pembelajaran serta kurangnya pemahaman siswa pada pokok bahasan materi yang disampaikan oleh guru. Guru sebatas menggunakan strategi pembelajaran melalui penyampaian dengan menggunakan konsep materi yang terlalu banyak, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan pemanfaatannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa aktivitas guru memperoleh skor rerata sebesar 35 dengan hasil nilai 87,5 persen sedangkan pada aktivitas siswa memperoleh skor rerata sebesar 34 dengan hasil nilai 85 persen dengan kriteria penilaian sangat baik. Hasil belajar siswa dengan kategori tuntas sebanyak 32 siswa dengan nilai 80-90 dengan persentase 90,25 persen sedangkan hasil belajar siswa dalam kategori tidak tuntas sebanyak 8 siswa dengan nilai 60-70 dengan persentase 20,15 persen. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dan siswa dalam implementasi strategi pembelajaran critical incident sangat baik dan memberikan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya khususnya pada materi kenampakan alam (dataran tinggi, dataran rendah, pantai) dan pemanfaatannya.
Downloads
References
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.
Amri, Sofan. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.
Muchtar, A & Gunawan. (2011). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SDN Suko 2 Kelas IV. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Mustika Putri, Bunga A. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Critical Incident Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengarang Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jurug Kec. Mojosongo Kab Boyolali Tahun 2011/2012. Jurusan PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Rianto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutikno, M. Sobri. (2014). Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Suyanti, P. et all. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Examples pada Materi Tokoh-tokoh Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gunungsari. Vol. 2 No. 1, 2021-2030.
Zainiyati, Husiyatus Salamah. (2010). Model dan Strategi Pembelajaran Aktif. Surabaya: Putra Media Nusantara Surabaya dan IAIN Press Sunan Ampel.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.