Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi
Keywords:
Hasil Belajar, Media gambar karangan narasiAbstract
Masalah yang dialami pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang keterampilan membuat karangan narasi yaitu bagaimana cara memaksimalkan hasil belajar siswa yang diketehui kurang begitu memuaskan,sehingga penelitian ini ber Tujuan peningkatkan kemampuan siswa dalam penelitian untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Penggunaan media gambar digunakan untuk memecahkan masalah, yaitu bagaimana kemampuan siswa dalam membuat karangan narasi. Maka untuk tercapainya suatu proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang bagus, menggunakan metode diskusi dan media pembelajaran gambar menulis karangan narasi, agar siswa lebih terangsang dalam membuat karangan narasi. Dengan menerapkan pembelajaran yang tepat dan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang dapat menuntaskan hanya mencapai 65 Persen, ketika pada siklus II bisa dikatakan berhasil dan membuahkan hasil yang bagus, karena yang menuntaskan mencapai 100 persen. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan, penggunaan metode diskusi dan media benda dapat meningkatkan hasil pembelajaran dan membantu siswa untuk memahami dengan mudah
Downloads
References
Tuwo, A., & Patekkai, I. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas V SD Inpres 3 Kasimbar Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri Dengan Metode Latihan. 2(1), 97–112.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: CV Yrama Widya
Arsyad,Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anitah, Sri, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Aprilia, Susanti., S. H. (2017). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–11.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif
I Md. Gita Bagus Sawitra1, I Kt. Dibia2, I. G. M. (2015). Pengaruh Picture and Picture Berbantuan Powerpoint Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa SD KELAS IV. Mimbar PGSD Undiksha, 3.
Pendidikan, J., Sekolah, G., & Pendidikan, F. I. (2016). Keefektifan Media Gambar Terhadap.
Putri, Sisca Pradini Olyvia & Mulyani. 2013. “Pemanfaatan Media Gambar Berseri Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar”
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.
Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.
Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.
Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.