Implementasi Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Kelas V SDN 601 Menanggal Surabaya

Authors

  • Dewi Pratiwi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Flipped Classroom

Abstract

Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan pembelajaran karena saat pembelajaran berlangsung dengan cara yang menyenangkan, maka materi dan bahan ajar akan mudah diterima dengan baik oleh siswa. Modoel pembelajaran flipped classroom merupakan model pembelajaran terbalik yang menggunakan media video pembelajaran pada pertemuan sebelumnya. Dengan berbantuan media video, siswa dapat melihat dan mempelajari materi secara berulang kali sesuai dengan kebutuhan siswa di rumah. Dalam proses pembelajaran flipped classroom siswa mempelajari materi di rumah sebelum pembelajaran di kelas dimulai. Kegiatan pembelajaran di kelas berupa diskusi, dan mengerjakan tugas. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model flipped classroom dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi kelas V. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model flipped classroom dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi kelas VB SDN Menanggal Surabaya mendapat hasil yang sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Dubreil, S. (2020). Using Games For Language Learning In The Age Of Social Distancing. Foreign Language Annals, 53(2), 250–259. Https://Doi.Org/10.1111/Flan.12465.

Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.

Nurasiah, D., Khuzaemah, E., & Mulyaningsih, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Berbasis Internet Bagi Siswa Kelas XI. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(2), 151. Https://Doi.Org/10.29240/Estetik.V3i2.1756

Supriati, N. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indoesia Menggunakan Model Flipped Classroom Berbasis Pembelajaran Online. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. Vol. 3 No. 5 2021. 2652-2663.

Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.

Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Usmadi, Ergusni. (2019). Penerapan Strategi Flipped Classroom dengan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas XI SMKN 2 Padang Panjang. Jurnal Eksata Pendidikan (JEP). Doi: https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/333.

Utami, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer

Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa (Unpublished master's thesis). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.Moh Uzer Usman dan Lilis setyawati. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Pratiwi, D. (2022). Implementasi Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Kelas V SDN 601 Menanggal Surabaya. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 919–924. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/409