Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar

Authors

  • Dzia unnazikah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

model pembelajaran LSQ, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas model pembelajaran LSQ terhadap hasil belajar IPA. Penelitian dilakukan dengan latar belakang rendahnya hasil belajar IPA. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental jenis posttest-only control design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas V, dengan sampel siswa kelas V B sebagai kelas kontrol, dan kelas V C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah posttest. Teknik analisis data ang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data proses kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 20,72 dan ttabel pada taraf signifikan 5 persen, sebesar 2,012, maka thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran LSQ terhadap hasil belajar IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Badjiser, N. L., Joko, S., & Nurma, A. (2021). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear di SMA Negeri 4 Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1).

Badriah, L., & Dani, R. (2018). Model Learning Start With A Question (LSQ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi. Jurnal Bio Education, 3(2), 22-28. https://x.doi.org/10.31949/be.v3i2.1094.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.

Kristianto, H. (2020). Pengembangan Media Spasi (Sistem Pencernaan Sapi) pada Materi IPA Siswa Kelas V SDN Bendan Ngisor Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 15-28. http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v3i1.3037.

Luspi, Zulfadli, & Latifah, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) untuk Meningkatkan Kemampuan Bertaya dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di Kelas XI SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 3(3), 117-123.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar. SPEJ (Science and Physics Education Journal), 2(1). https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333.

Meldina, T. (2019). Implementasi Model Learning Start With A Question Strategi Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 211-219. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5138.

Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540-546.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning Systems Based Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2014). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

unnazikah, D. (2022). Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 896–902. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/406

Most read articles by the same author(s)