Penggunaan Aplikasi Macromedia Flash Player Terhadap Hasil Belajar Matematika
Keywords:
hasil belajar, matematika, macromediaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika pada siswa kelas 5 SD yang masih tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar matematika ini disebabkan karena kurangnya pemanfaatan media yang berbasis teknologi dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Macromedia Flash Player terhadap hasil belajar matematika kelas 5 SD Negeri Semampir 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan posttest. Menggunakan metode analisis statistik dengan rumusan yang digunakan adalah Uji Normalitas dan Uji-T dengan bantuan aplikasi SPSS 26 yang sesuai dengan judul penelitian yaitu Pengaruh Penggunaan Aplikasi Macromedia Flash Player terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 5 SD Negeri Semampir 1. Berdasarkan hasil paired samples test pada hasil Pretest dan Posttest menggunakan aplikasi SPSS versi 256 menunjukkan bahwa hasil penelitian sig (2-tailed) yang diperoleh yaitu dibawah 0,05. Berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Macromedia Flash Player terhadap hasil belajar matematika kelas 5 SD Negeri Semampir 1.
Downloads
References
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Dikse. (2010). Macromedia Flash 8.0. Jakarta: Wahana Komputer.
Hamalik, O. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hasan, H. (2015). Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Proses Belajar. Jurnal Pesona Dasar Vol. 1 No. 4, 40-51.
Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.
Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Sanusi, D. G. (2019, Maret 19). Hasil Survei Pustekkom 60 Persen Guru Di Indonesia Gagap Teknologi Informasi. Retrieved from Jejakrekam: https://jejakrekam.com/2019/03/19/hasil-survei-pustekkom-60-persen-guru-di-indonesia-gagap-teknologi-informasi/
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
Suyitno, A. (2004). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: FMIPA UNNES.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.