Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar
Keywords:
problem based learning, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa pada anak sekolah dasar kelas V. Masih rendahnya hasil belajar IPA ini dipengaruhi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru, suasana pembelajaran yang membosankan, dan kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sumur Welut III Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan quasi eksperimental design menggunakan posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas A dan B di SDN Sumur Welut III Surabaya dengan jumlah 46 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Pemberian tes yang dimaksud adalah posttest yang dilaksanakan setelah pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Sumur Welut III Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Downloads
References
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.
Amalia, G. R., & Agustina, T. A. H. (2020). Efektivitas Model Problem Learning Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 424–431.
Budi, S. S., dkk. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 234–241.
Fatmawati, E. T., & Sigit Sujatmika. (2018). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademika, 2(2), 163-171.
Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.
Nur, Syamsiara, dkk. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2), 133-141.
Putri, A. A. A., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1), 21-32.
Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Swiyadnya, M. G., dkk. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 203-210.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.