Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Enggar Puspitaningrum Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Model Problem Based Learning, IPA, hasil belajar

Abstract

Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang cenderung monoton karena masih rendahnya perhatian guru terhadap pemilihan model pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan proses pembelajaran tersebut adalah dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi siklus hidup makhluk hidup di lingkungan sekitar di SDN Margorejo 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen semu dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Margorejo 1 Surabaya tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan desain non probability sampling dengan cara purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan tes tertulis berupa tes essai sebanyak 5 soal. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh kesimpulan dengan menerapkan model PBL efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Margorejo 1 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata yang signifikan antara pretest dan posttest kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis uji t-test pada data posttest terdapat adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Febrianto, R., dkk. (2021). Problem Based Learning untuk Pembelajaran yang Efektif di SD/MI. Riau: DOTPLUS Publisher.

Hidayah, R. & P. Pujiastuti. (2016). Pengaruh PBL Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA pada Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia. 4 (2).

Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.

Kelana, Jajang Bayu dan D. Fadly Pratama. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: LEKKAS.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran . Yogyakarta: Deepublish.

Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, A. & Asep K. (2018). Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Sutriyani, W. & Herwin W. (2020). Efektivitas Model PBL Menggunakan Media Lagu Rumus Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2 (2). https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1502.

Wedyawati, N. & Yasinta L. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Puspitaningrum, E. . (2022). Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. SNHRP, 875–880. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/403