Metode Praktikum Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Eka Mey Pratiwi Universitas PGRI AdiBuana Surabaya

Keywords:

metode praktikum, motivasi belajar, hasil belajar, ipa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan-persamasalah yang ada dalam proses pembelajaran seperti setiap peserta didik mempunyai motivasi dan juga hasil belajar yang berbeda-beda. Ada juga peserta didik yang mempunyai motivasi belajar dan hasil belajar yang tinggi akan tetapi ada juga yang rendah seorang guru harus pandai dan juga kreatif dalam membangun motivasi peserta didik salah satunya dengan metode pembelajaran yang tidak monoton dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) banyak materi yang harus menggunakan metode praktikum. IPA sebagai pengetahuan yang sistematis dan juga tersusun secara teratur, berlaku universal, dan berupa kumpulan dari data observasi dan eksperimen. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode praktikum terhadap motivasi dan hasil belajar kelas IV di SDN Sumur Welut III.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B SDN Sumur Welut III. Dengan jumlah peserta didik 32. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa lembar angket motivasi dan lembar tes hasil belajar dengan menggunakan 2 validator. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh metode praktikum terhadap materi energi pada pembelajaran IPA kelas IV. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS versi 16.0 diketahui bahwa hasil uji paired sample t-test yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) lebih besar, maka dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dan tes hasil belajar peserta didik terhadap materi IPA dengan penerapan metode praktikum

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arizal, Kamaludin Septi. 2015. “Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman KonseP Kapilaritas Pada Siswa Kelas 4 SD NU Blimbing.”

Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11(1): 9–16.

Ningrum, D., I. Mahardika, and A. Gani. 2015. “Pengaruh Model Quantum Teaching Dengan Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Di Sma Plus Darul Hikmah.” Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember 4(2): 116–20.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.

Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.

Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Pratiwi, E. M. . (2022). Metode Praktikum Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. SNHRP, 881–887. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/402