LKPD Interaktif Berbasis HOTS
Keywords:
LKPD Interaktif, HOTS, hasil belajar, IPA di sekolah dasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah antara lain disebabkan oleh kebiasaan assessment di Indonesia lebih berorientasi mengukur keterampilan berpikir tingkat rendah atau lower order thinking skill (LOTS), peserta didik belum terlatih secara optimal untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan proses pembelajaran tersebut adalah dengan menggunakan LKPD interaktif berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan Quasi ekperimen dengan menggunakan desain bentuk post-test only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa nilai bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu 3.628 > 3.319 serta signifikasi < α = 5 persen atau 0.05 yaitu 0.001 < 0.05 yang artinya penggunaan LKPD interaktif berbasis HOTS berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas V di SD Negeri Menanggal 601 Surabaya.
Downloads
References
Amalia, G. R., & Agustina, T. A. H. (2020). Efektivitas Model Problem Learning Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 424–431.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan ajar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hendro Darmodjo dan Jenny R.E. Kaligis. (1992). Pendidikan IPA II. Jakarta : Depdikbud
Herawati, E. P., Gulo, F., & Hartono, H. 2016. “Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) interaktif untuk pembelajaran konsep mol di kelas X SMA”. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 168-178.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.
Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.
Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.
Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Swiyadnya, M. G., dkk. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 203-210.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.