Hubungan Nilai Pretest dan Postest Pada Pembelajaran Model Motivasi Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Siswa Kelas 1 SD CHARIS Malang
Abstract
Motivasi dapat menjadi pendorong dan pengarah perilaku peserta didik dalam berupaya dan bekerja keras mencapai tujuan. Motivasi ARCS adalah motivasi yang beracuan kepada empat kategori, attention, relevance, confidence, satisfaction. Kelebihan motivasi ARCS adalah menggunakan pendekatan pembelajaran yang sistematis dan komprehensif dengan tujuan untuk meningkatkan daya tarik pembelajaran. Hasil penelitian ini memiliki nilai Kolmogorof Pretest 0.200 > 0.05 dan Posttest 0.053 > 0.05. Nilai korelasi menunjukkan nilai sig. 2 tailed pretest dan posttest 0.02 < 0.05, artinya menunjukkan ada hubungan yang positif antara pretest dan posttest. Nilai regresi linier menunjukkan nilai 0.02<0.05 hal ini terbukti ada pengaruh pemberian motivasi ARCS pada pembelajaran ini
Kata kunci : pretes, postest, motivasi ARCS
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 SNHRP

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.