Hubungan Nilai Pretest dan Postest Pada Pembelajaran Model Motivasi Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Siswa Kelas 1 SD CHARIS Malang

Authors

  • Lidia Susanti Pendidikan Agama Kristen-STIPAK Malang

Abstract

Motivasi dapat menjadi pendorong dan pengarah perilaku peserta didik dalam berupaya dan bekerja keras mencapai tujuan. Motivasi ARCS adalah motivasi yang beracuan kepada empat kategori, attention, relevance, confidence, satisfaction. Kelebihan motivasi ARCS adalah menggunakan pendekatan pembelajaran yang sistematis dan komprehensif dengan tujuan untuk meningkatkan daya tarik pembelajaran. Hasil penelitian ini memiliki nilai Kolmogorof Pretest 0.200 > 0.05 dan Posttest 0.053 > 0.05. Nilai korelasi menunjukkan nilai sig. 2 tailed pretest dan posttest 0.02 < 0.05, artinya menunjukkan ada hubungan yang positif antara pretest dan posttest. Nilai regresi linier menunjukkan nilai 0.02<0.05 hal ini terbukti ada pengaruh pemberian motivasi ARCS pada pembelajaran ini

Kata kunci : pretes, postest, motivasi ARCS

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Lidia Susanti. (2021). Hubungan Nilai Pretest dan Postest Pada Pembelajaran Model Motivasi Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Siswa Kelas 1 SD CHARIS Malang. SNHRP, 50–54. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/40