Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Beripikir Kritis Siswa

Authors

  • Ihda Syifaun Nisa’ Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

PBL, Hasil Belajar IPA, Kemapuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPA anak sekolah dasar bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di SDN Menanggal 601 Surabaya. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi berupa pengamatan dan hasil belajarberupa tes. Dengan teknik analisis data statistik inferensial yaitu statistik uji-t. Uji-t yang dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini dilakukan pada dua sampel, yaitu kelas VA yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VC yang berjumlah 20 siswa sebgai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil Paired Samples Test yang menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 16.0 menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPA kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya. hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan uji hipotesis menunjukkan signifikasi 0,000 > 0,05 maka H0 ditolak dan HI diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Hidayah & Pujiastuti (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA siswa SD. Yogyakarta

Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.

Maryatun, & Metro, P. E. F. U. M. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL)

Nawir, M., & Hasnah, K. (2020). Model Pendidikan Karakter Pada Mata

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar.

Prestasi Belajar ditinjau dari Gaya Belajar dan Kemandirian.

Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif dan R& D). Bandung : Alfabeta.

Sujatmika, S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Nisa’ , I. S. . (2022). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Beripikir Kritis Siswa. SNHRP, 939–944. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/395