Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid- 19 Kelas III SDN Gayungan II Surabaya
Keywords:
Pembelajaran DaringAbstract
Pandemi COVID-19 (Coronavirus Disease-19) telah mempengaruhi sistem pendidikan di seluruh dunia. Pendidikan memiliki dampak besar pada sekolah tatap muka yang sedang berlangsung di sekolah dasar, menengah dan tinggi di mana pembelajaran online harus diterapkan dan kemudian siswa harus belajar secara virtual seberapa baik mereka menuruti Fajrian, (2020). Selain itu, ada beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah pembelajaran daring. Pembelajaran daring telah banyak digunakan oleh siswa sekolah dasar. Tujuan dari peneliti untuk menerapkan pembelajaran daring ini untuk guru berperan sebagai moderator dan pemandu dalam proses siswa memperoleh pengetahuan Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif . Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas III dengan adanya pembelajaran daring ini memberikan dampak positif terutama dalam bidang pendidikan dalam mengurangi penyebaran virus Covid-19. Dan aplikasi yang dapat digunakan berupa zoom, google meet, dan google form dan whatsapp.
Downloads
References
Dewantara1, J. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1, Volume 5 Nomor 1, 367-375.
Fauzi2, Y. F. (2020, juli ). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan, Vol.6, No.2( 2442-7667), 165-175.
Funsu Andiarna, E. K. ( 2020, Desember ). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologi, Volume 16 Nomor 2.
Hafidzar Noor Iqbala, *. W. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA(: 2686 6404).
Hamdani1, A. R. (2020, Juni ). EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING (FULL ONLINE). Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, Volume VI Nomor 01.
Harri Jumarto Suriadi, F. R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal ilmu pendidikan volume 3 nomor 1, volume 3 nomor 1(2656-8063), 165-173.
Murniasih, F. R. (2020, Desember). Apersepsi Berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Vol. 2, No.2, 8-17.
Ningsih, S. (Vol 7 (2) (2020)). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING. (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), Vol 7 (2) , 124-132.
Nurhikmayati, I. (2019, april ). IMPLEMENTASI STEAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Didactical Mathematics, Vol. 1 No. 2, 41-50.
Rahmawati, N. (2020). Analisis Kebutuhan Media Dan Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality Dalam. Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar, Conference Series 3 (4), 1241 – 1248.
Salsabila2, I. M. ( 2021, januari ). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III SDN SINDANGSARI III. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Volume 3, Nomor 1.
Sandre1, H. I. (2021, februari ). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Volume 1 Nomor 1.
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.
Rasmitadila, R., Tambunan, A. R. S., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Teachers’ Instructional Interaction in an Inclusive Classroom: Interaction Between General Teacher and Special Assistant Teacher. International Journal of Special Education (IJSE), 35(1), 19-28.
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.
Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.
Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.