Media Wayang Materi Dongeng Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Dimas Bagus Zakaria Universitas PGRI AdiBuana Surabaya

Keywords:

media wayang, dongeng, bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi guru dalam membuat media pembelajaran guna untuk meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar. Hal ini berdampak kepada peserta didik yaitu pembelajaran menjadi tidak menyenangkan dan hasil proses pembelajaran menjadi tidak maksimal. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui keefektifan media wayang materi dongeng pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Subjek penelitian adalah anak kelas III SDN Sekolah Dasar dengan jumlah 13 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa dalam penerapan media wayang berkategorikan “Sangat Baik” (2) aktivitas guru dalam penerapan media wayang berkategorikan “Sangat Baik” (3) tes hasil belajar siswa berkategorikan “Baik” (4) angket respons peserta didik berkategorikan “Sangat Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran . Jakarta : GP Press.

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Mujahidin, E., Suryadi, S., Widyasari, W., & Rachmadtullah, R. (2020). Are the Assessment Criteria and the Role of Educational Stakeholders Able to Make Outstanding Teacher. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Fanani, A. (2010). Ice Breaking Dalam Proses Belajar Mengajar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 68.

Iskandar, A., Purba, B., Suryani, D., Chamidah, D., Bachtiar, E., Febrianty, . . . Yanti. (2020). PENGANTAR MEDIA PEMBELAJARAN. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Kania, V. I., Samsudin, A., Purwanto, A. H. A., Rasmitadila, R. R., Jermsittiparsert, K., & Nurtanto, M. (2020). Multitier of greenhouse effect (Moge) instrument development to identify middle school students’ mental model in Thailand with rasch analysis,”. Int. J. Adv. Sci. Technol., 29(7), 3223-3237.

Rachmadtullah, R., Syofyan,H., & Rasmitadila, (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. 8(2). 540 – 546

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rosidah, C. T., & Rusminati, S. H. (2017). Mendongeng Sebagai Media Menumbuhkan Karakter dan Nilai Budaya Bangsa Pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Pigur , 41.

Saadi, F., Halidjah, S., & Kartono. (2013). Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Tobo. FKIP Universitas Tanjung Urah , 5.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, J. (2020). Wayang Golek Sunda . Bandung : PT Kiblat Buku Utama .

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Zakaria, D. B. (2022). Media Wayang Materi Dongeng Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. SNHRP, 4, 823–827. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/393