Strategi Pengajaran Kedaring Bipa Bagi Calon Pengajar Bipa Tingkat Pemula
Keywords:
strategi pengajaran, calon pengajar, moda aplikasi, BIPAAbstract
Mengajar BIPA tentunya jauh berbeda dengan mengajar Bahasa Indonesia. Calon pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat pemula harus dibekali pemahaman dasar tentang strategi pengajaran BIPA baik itu untuk kelas luring maupun kelas daring (kedaring). Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana strategi pengajaran BIPA bagi calon pengajar BIPA yang memang belum memiliki pengalaman dalam hal ke-BIPA-an. Sebanyak 30 dosen yang mengikuti Bimtek dari 8 lembaga menjadi responden. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan google form dalam bentuk kuesioner. Dalam Bimtek yang diadakan oleh Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) yang bekerja sama dengan APPBIPA Cabang Jawa Timur, calon pengajar BIPA juga melakukan praktik baik dalam penggunaan moda aplikasi antara lain: whiteboard, wordwall, storyjumper, tik tok, padlet, canva, voice spice recorder, dan mentimeter. Dengan demikian, strategi pengajaran BIPA dengan metode moda aplikasi yang digunakan untuk kedaring akan lebih efektif.
Downloads
References
Istanti, W. (2017). Strategi Pembelajaran BIPA Aspek Berbicara dengan Metode Bermain Peran Menjadi Presenter TV bagi Mahasiswa Level C1. PIBSI XXXIX, 642-651.
Ramadhani, A.A. (2017). Analisis Kebutuhan Belajar untuk Menyusun Perangkat Pembelajaran BIPA Tingkat Pemula yang Berorientasi American Council for Teaching Foreign Language (ACTFL). 23(2), 22-28.
Sanjaya, Wina. (2016). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Suyitno, I., Susanto, G., Kamal, M., dan Fawzy, A. (2017). Cognitive Learning Strategy of BIPA Students in Learning the Indonesian Language. IAFOR Journal of Language Learning 3(2)–Winter 2017, 175-190.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pemdekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung. Diakses dari https://www.google.co.id/books/edition/KONSEP_PEMBELAJARAN_DARING_BERBASIS_PEND/s9bsDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pohan+konsep+pembelajaran+daring&printsec=frontcover pada tanggal 18 Maret 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.