Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Untuk Mencapai Loyalitas Pelanggan Dengan Menggunakan Pendekatan Big Data Pada PT. Telkom Indonesia (Persero)
Keywords:
Teknologi, Perdagangan Elektronik, Big DataAbstract
Dunia telah berbicara tentang data besar dalam beberapa tahun terakhir, dan di Era Digital yang kita jalani, banyak perusahaan mendapat manfaat dari data besar. Big data adalah kumpulan data dalam jumlah besar yang berasal dari berbagai sumber data. Big data banyak digunakan di banyak bisnis perusahaan karena dapat digunakan untuk menganalisis wawasan yang mengarah pada pengambilan keputusan dan strategi bisnis yang lebih baik. Telkomsel merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan big data untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Big data adalah kumpulan data dalam jumlah besar yang berasal dari berbagai sumber data di seluruh dunia yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja serta dapat berkembang dengan sangat cepat. Promosi yang dilakukan tetap dalam hubungan yang diketahui. Sedangkan iklan online menggunakan website perusahaan dengan konten dan desain web yang relatif stabil. Keputusan pembelian yang dilakukan dengan benar akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan kegiatan pemasaran. Jika kepuasan pelanggan tercapai, maka akan berdampak positif terhadap loyalitas pelanggan. Jadi, jika aktivitas pemasaran menjamin kepuasan pelanggan, Dapat dikatakan bahwa kegiatan pemasaran berhasil dan sebaliknya. Promosi yang dilakukan tetap dalam hubungan yang diketahui. Sedangkan iklan online menggunakan website perusahaan dengan konten dan desain web yang relatif stabil. Keputusan pembelian yang dilakukan dengan benar akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan kegiatan pemasaran. Jika kepuasan pelanggan tercapai, maka akan berdampak positif terhadap loyalitas pelanggan.
Downloads
References
Narayan, P. K., Rizvi, S. A. R., & Sakti, A. (2022). Did green debt instruments aid diversification during the COVID-19 pandemic? Financial Innovation, 8(1), 21. https://doi.org/10.1186/s40854-021-00331-4
Liébana-Cabanillas, F., Muñoz-Leiva, F., Molinillo, S., & Higueras-Castillo, E. (2022). Do biometric payment systems work during the COVID-19 pandemic? Insights from the Spanish users’ viewpoint. Financial Innovation, 8(1), 22. https://doi.org/10.1186/s40854-021-00328-z
Gambetti, E., Zucchelli, M. M., Nori, R., & Giusberti, F. (2022). Default rules in investment decision-making: trait anxiety and decision-making styles. Financial Innovation, 8(1), 23. https://doi.org/10.1186/s40854-021-00329-y
Purnaningrum, E., & Ariyanti, V. (2020). Pemanfaatan Google Trends Untuk Mengetahui Intervensi Pandemi Covid-19 Terhadap Pasar Saham Di Indonesia. Majalah ekonomi, 25(1), 93-101.
Purnaningrum, E. (2018). Pengembangan Pemasaran Online dan Pengemasan Produk Berperan Terhadap Hasil Daya Jual. Jurnal Penamas Adi Buana, 2(1), 7-10.
Kusumawardhani, D. A., & Purnaningrum, E. (2021). Penyebaran pengguna digital wallet di indonesia berdasarkan google trends analytics. INOVASI, 17(2), 377-385.
Latif, N., Handayani, C. M. S., & Purnaningrum, E. (2020). Pelatihan Aspek Marketing Mix Pada Pelaku Usaha Bonggolan Di Desa Pengulu Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 26-31.
Robiyanto, R., Nugroho, B. A., Handriani, E., & Huruta, A. D. (2020). Hedge effectiveness of put replication, gold, and oil on ASEAN-5 equities. Financial Innovation, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40854-020-00199-w
Nafah, H. K., & Purnaningrum, E. (2021). Penggunaan Big Data Melalui Analisis Google Trends Untuk Mengetahui Perspektif Pariwisata Indonesia di Mata Dunia. SNHRP, 3, 430-436.
Liu, L., & Chen, Q. (2020). How to compare market efficiency? The Sharpe ratio based on the ARMA-GARCH forecast. Financial Innovation, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40854-020-00200-6
Purnaningrum, E., & Ariqoh, I. (2019). Google Trends Analytics dalam Bidang Pariwisata. Majalah Ekonomi, 24 (2), 232–243.
Mariani, M., di Fatta, G., & di Felice, M. (2019). Understanding Customer Satisfaction with Services by Leveraging Big Data: The Role of Services Attributes and Consumers’ Cultural Background. IEEE Access, 7, 8195–8208. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2018.2887300
Sutarso, Y., Emanuel Kristijadi, Ms., Basuki Rachmat, M., Tatik Suryani, D., Vice Manager, M., Secretary, M., Aliffanti, D., & Tanza Dona Pratiwi, S. (n.d.). Proceeding Book of The 2 nd International Conference on Business and Banking Innovations (ICOBBI) 2020 “Nurturing Business and Banking Sustainability” Steering Committee Organizing Committee. http://pascasarjana.perbanas.ac.id/
Agustin, E. (2016). ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PADA PT INDOFARMA (PERSERO) TBK (Berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor :KEP-100/MBU/2002). EJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 103–115.
Studi, P., Bisnis, A., & Surabaya, U. (2018). PEMANFAATAN BIG DATA DAN PERLINDUNGAN PRIVASI KONSUMEN DI ERA EKONOMI DIGITAL Agung Pujianto 1) , Awin Mulyati 2) , Rachmawati Novaria 3). Majalah Ilmiah BIJAK, 127(2), 127–137. http://ojs.stiami.ac.id
Fornell, C., Johnson, M. D., Anderson, E. W., Cha, J., & Bryant, B. E. (n.d.). The American Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose, and Findings.
ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KEAMANAN. (n.d.).
UEU-Journal-2218-R_A_Nurlinda. (n.d.).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.