Pemodelan SEM PLS pada Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Layanan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNIPA Surabaya

Authors

  • Muhammad Riefky Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wanda Nur Hamidah Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Semakin meningkat kebutuhan masyaraka terhadap pendidikan formal, khususnya pendidikan tinggi, menjadikan perguruan tinggi sebagai sektor strategis yang diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu. Keadaan persaingan yang cukup kompetitif antarperguruan tinggi menuntut lembaga pendidikan memperhatikan mutu pendidikan dan kelembagaan sehingga mampu serta unggul dalam persaingan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) pada kepuasan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini hanya aspek sarana dan prasarana yang berpengaruh terhadap kepuasan layanan mahasiswa UNIPA Surabaya. Nilai R2 untuk variabel keputusan pembelian adalah 24,5% dan Q2 sebesar 6%, sehingga model yang dihasilkan kurang baik.

Kata kunci : layanan, mahasiswa, SEM-PLS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Muhammad Riefky, & Wanda Nur Hamidah. (2021). Pemodelan SEM PLS pada Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Layanan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNIPA Surabaya. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 2, 63–73. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/38