Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa
Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Kecerdasan EmosionalAbstract
Project Based Learning marupakan salah satu pembelajaran dengan aktifitas jangka panjang yang melibatkan siswa langsung untuk merancang, merencanakan, membuat dan menampilkan suatu produk untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam dunia nyata. Melalui Project Based Learning penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, Disain penelitian ini menggunakan posttest-Only Control Design, pengambilan sampel dengan menggunakan jenis Purposive Sampling dangan sampel 32 siswa pada SMP Negeri 1 Bondowoso. Teknik pengumpulan data menggunakan tes posttest dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t pada kecerdasan emosional tingkat tinggi diperoleh = 3,182 < 4,096 sehingga ada pengaruh Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa tingkat tinggi. Berdasarkan hasil uji-t pada kecerdasan emosional tingkat Sedang diperoleh = 2,074 < 3,388 sehingga ada pengaruh Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa tingkat sedang. Berdasarkan hasil uji-t pada kecerdasan emosional tingkat rendah diperoleh = 12,706 > 2,309 sehingga tidak ada pengaruh Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa tingkat rendah.
Downloads
References
Indonesia. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan
Cerdas, Y., & Humanis, D. A. N. (2016). Mengenal Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif Dalam Pendidikan Untuk Membangun Manusia Yang Cerdas Dan Humanis. Didaktika, 5(1), 12–27.
Dian Saputra, I. M. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Tembang “Cening Ayu.” Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 51. https://doi.org/10.25078/pw.v2i2.1016
Hartika, O. N., & Mariana, F. (2019). P ENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR & KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ( Studi Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Banten Jaya ). Pendidikan, Akutansi Dan Keuangan, 2(1).
Heri Mulyono, E. E. A. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar di smk muhammadiyah 1 padang. Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, 05(2540–8984), 20–24.
Muzria, W., & Indrawati, T. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar. 4, 2232–2238.
Pitriani. (2019). Pengaruh problem based learning (PBL) terhadap kecerdasan emosional siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Tadri (Pendidikan) Matematika, 20.
Prayitno, S. H. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika Abad 21. Pedagogi Dalam Perspektif Multidisiplin, 171(November 2017), 8557.
Sambite, F. C. V, Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Penerapan Project Based Learning berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 141–147. https://doi.org/10.2057/bipf.v7i2.6310
Yayan Alpian, M.Pd., Sri Wulan Anggraeni, M.Pd., Unika Wiharti., N. M. S. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA Oleh. Buana Pengabdian, 1(1), 1–9.
Yosi Dwi Anggreni , Festiyed, A. (2019). META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA Program Studi Magister Pendidikan Fisika , FMIPA Universitas Negeri Padang Dosen Program Studi Magister Pendidikan Fisika , FMIPA Univers. Pillar of Physics Education, 12(4), 881–888.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.